Home » News » Dua Polantas di Brebes Kepergok Lakukan Pungli

Dua Polantas di Brebes Kepergok Lakukan Pungli



Semarang – Dua oknum anggota Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Brebes terkena operasi tangkap tangan (OTT) petugas Pengamanan Internal (Paminal) Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Jawa Tengah.

Dua Polantas di Brebes Kepergok Lakukan Pungli

Mereka adalah petugas yang mengurusi SIM Keliling. Mereka melakukan pungutan liar (pungli) kepada pemohon SIM. “Ditangkap Jumat (23/12/2016) siang, atas nama Bripka H dan Bripka S,” ungkap Kepala Bidang Propam Polda Jawa Tengah Kombes Pol Budi Haryanto di Mapolda Jawa Tengah, Kamis (29/12/2016) siang.

Budi menyebut, saat ditangkap tangan didapati barang bukti uang Rp2,2 juta. TKP di SIM keliling di kawasan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. “Tangkap tangan ini, berawal dari adanya laporan masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, anggota yang kena OTT langsung dibawa ke Mapolda Jawa Tengah untuk dilakukan klarifikasi petugas Paminal. Selanjutnya, berkas diproses petugas Provos untuk disidang disiplin. Mereka sudah dipulangkan ke Polres Brebes menunggu sidang internal Propam Polda. Jika pelanggaran disiplin dilakukan lebih dari tiga kali, bisa kena sanksi kode etik.

Informasi yang dihimpun, modus punglinya adalah melayani pembuatan SIM baru dengan tarif tertentu dan memungut biaya lebih untuk perpanjangan SIM tidak sesuai ketentuan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP).

Baca juga : Tim Saber Pungli Bekuk 5 Orang PNS Indramayu

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol Djarod Padakova menyebut SIM keliling hanya melayani perpanjangan. “Kalau sidang disiplin, hukuman terberat bisa kurungan 14 hari di tempat khusus (sel tahanan),” ujarnya.
(Muspri-sisidunia.com)