Home » News » Jaksa Siapkan Puluhan Saksi di Sidang Ahok

Jaksa Siapkan Puluhan Saksi di Sidang Ahok



Jakarta – Pekan depan, akan digelar sidang kasus penistaan agama dengan terdakwa Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Sidang beragendakan pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum. Ketua JPU Ali Mukartono mengatakan, lebih dari 20 saksi akan disiapkan.

Jaksa Siapkan Puluhan Saksi di Sidang Ahok

“Tergantung kepentingan pemeriksaan. Kita belum putuskan. Ada saksi 20 sekian, ahli belasan. Ahli dengan saksi beda,” kata Ali seusai sidang di eks gedung PN Jakpus, Jl Gajah Mada, Jakarta Pusat, Selasa (27/12/2016).

Baca juga : Jokowi Diwakilkan Menhub Melakukan Soft Launching

Ali mengatakan akan menghadirkan 6 saksi dalam sidang pekan depan, yakni Selasa (3/1/2017).

“Sekitar 5 atau 6 orang dululah. Kalau diberkas perkara saksi 20 lebih dari dua-duanya,” jelasnya.

Dalam sidang kasus penistaan agama, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara (PN Jakut) menolak nota keberatan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Majelis hakim menilai eksepsi Ahok tidak beralasan menurut hukum sehingga sidang harus berlanjut ke pokok perkara.

“Menyatakan keberatan terdakwa tidak dapat diterima, menyatakan sah menurut hukum dakwaan penuntut umum sebagai dasar perkara terdakwa atas nama Basuki Tjahaja Purnama,” ujar ketua majelis hakim H Dwiarso Budi dalam sidang putusan sela.

Majelis hakim mempertimbangkan keberatan Ahok soal surat dakwaan tidak cermat dan tidak tepat itu tak beralasan menurut hukum. Hakim juga menganggap sidang perlu dibuktikan hingga ke pokok perkara.

“Atas dasar permohonan jaksa dan kepolisian, maka persidangan berikutnya kami tunda jadi 3 Januari 2017 di gedung Kementerian Pertanian, Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” kata Dwiarso saat menutup sidang Ahok.

(bens – sisidunia.com)