Home » News » Akibat Ucapkan Kata-Kata Ini, Habib Rizieq Dilaporkan Ke Polisi

Akibat Ucapkan Kata-Kata Ini, Habib Rizieq Dilaporkan Ke Polisi



Jakarta – Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Senin siang, 26 Desember 2016, mendatangi Markas Polda Metro Jaya. Kedatangan perhimpunan mahasiswa ini untuk melaporkan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab, terkait ucapannya yang dianggap telah menistakan salah satu agama.

Akibat Ucapkan Kata-Kata Ini, Habib Rizieq Dilaporkan Ke Polisi

Berdasarkan pantauan, perwakilan PMKRI tiba di Mapolda Metro Jaya sekira pukul 12.40 WIB. Setelah tiba, mereka langsung memasuki ruang Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya. Dalam aduannya, Ketua Presidium PP PMKRI Angelo Wake Kako, menyatakan jika Habib Rizieq telah melakukan pernyataan yang telah melukai umat Kristiani.

Dalam laporannya, PP PMKRI turut menyertakan soft copy video berdurasi 21 detik pidato Habib Rizieq yang dianggap tak hanya sekadar menyinggung, namun juga menghina agama tersebut. Video itu belakangan juga menjadi viral dan banyak beredar di media sosial hingga menjadi banyak perbincangan di masyarakat.

“Kami melaporkan Habib Rizieq, dan Fauzi Ahmad terkait penistaan agama,” kata Ketua Umum PP PMKRI Angelo Wake Kako, di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Metro Jaya, Senin, 26 Desember 2016.

PP PMKRI melaporkan Habib Rizieq, dan akun Instagram @fauzi_ahmad_fiiqolby, karena orang tersebut dan media elektronik yang digunakan dianggap menistakan agama, serta dianggap melanggar Pasal 156 dan 156a KUHP serta Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

Baca juga : Ahok Rayakan Natal Sementara Djarot Berangkat Umroh

Kata Angelo, video tersebut diambil dari ceramah Rizieq di Pondok Kelapa, Jakarta, pada 25 Desember 2016, kemarin. Dalam video yang berdurasi 21 detik itu, Habib Rizieq tampak tengah berbicara di depan peserta yang hadir. Saat itu, ia membahas materi tentang ucapan selamat Natal.

“Dalam ceramahnya di Pondok Kelapa tanggal 25 kemarin, ia berkata ‘kalau Tuhan itu beranak terus itu bidannya siapa?’ Di situ kita melihat banyak tawa dari jemaat terhadap apa yang disampaikan dari Habib Rizieq tersebut. Sebagai Ketua Umum PP-PMKRI, kami merasa terhina dengan ucapan yang disampaikan oleh saudara Habib Rizieq Shihab ini,” ujar Angelo sebari meminta proses penanganan kasus ini agar dilakukan secepatnya.
(Muspri-sisidunia.com)