Home » Ekonomi & Bisnis » Pasca-reli Trump, Wall Street Akhirnya Tergelincir

Pasca-reli Trump, Wall Street Akhirnya Tergelincir



New York – Bursa saham Amerika Serikat (AS) di Wall Street tercatat melemah pada perdagangan Rabu waktu setempat atau Kamis waktu Indonesia.

Pasca-reli Trump, Wall Street Akhirnya Tergelincir

Saham kesehatan dan real estat kehilangan daya untuk mempertahankan kenaikan, pasca-indeks Nasdaq Composite dan Dow Jones mencapai rekor tertinggi.

Indeks Dow sebelumnya naik 15 poin menuju level 20.000, walaupun tidak pernah sampai ke level itu. Kenaikan itu tak bertahan lama sebab kemudian indeks Dow ditutup dengan pelemahan.

Seperti diketahui, saham AS sudah mengalami reli kenaikan sejak 8 November 2016, atau pasca-Pilpres AS.

Indeks Dow naik 9 persen dan indeks S&P 500 naik 6 persen akibat sentimen bahwa Presiden terpilih Trump berencana melakukan deregulasi dan memperbanyak belanja infrastruktur untuk memperkuat perekonomian.

Sejumlah investor mulai khawatir dan menyebut Trump membuat pasar saham semakin mahal. Investor juga mencermati bahwa para legislator akan menolak upaya pemotongan pajak dan kebijakan lain yang membuat defisit federal semakin lebar.

“Orang-orang mulai menahan, dan mereka ingin tahu apa yang akan terjadi,” kata Chris Zaccarelli, Chief Investment Officer Cornerstone Financial Partners.

“Dalam 100 hari kinerjanya, akan menarik melihat bagaimana legislasi bisa melewati Kongres dan regulasi apa yang akan mereka ulang.”

Derajat support yang ada, serta ekspektasi penurunan pajak di bawah Trump, memberikan insentif bagi investor untuk menahan sahamnya hingga Januari. Demikian menurut Zaccarelli, dan juga menurut Randy Frederick, Vice President of Trading & Derivatives Charles Schwab.

“Jika bisa menahan capital gain dalam dua minggu, kenapa tidak? Tidak ada insentif apa pun jika dijual sekarang,” kata dia.

Sejauh ini, pada 2016, indeks S&P sudah naik 11 persen.

Baca juga : Wall Street Mencatat Keuntungan Diakhir November

Pada perdagangan saham Rabu, Indeks Dow Jones turun 0,16 persen ke 19.941,96. Indeks S&P 500 turun 0,25 persen ke 2.265,18. Indeks Nasdaq Composite turun 0,23 persen ke 5.471,43.

Sektor Kesehatan SPXHC turun 0,60 persen dan sektor real estat SPLRCR turun 1,32 persen.
(Muspri-sisidunia.com)