Home » Techno » Kerjasama dengan Telkomsel, Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

Kerjasama dengan Telkomsel, Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G



Jakarta – Telkomsel bersama dengan Nokia melakukan uji coba teknologi Narrowband Internet of Things (NB-IoT) di jaringan 4G LTE. Uji coba ini dilakukan sebagai dukungan Telkomsel dalam pembentukan ekosistem Internet of Things (IoT) di Indonesia.

Kerjasama dengan Telkomsel, Nokia Uji Coba Ekosistem IoT di Jaringan 4G

“Telkomsel melihat adanya kebutuhan di pasar IoT yang akan berkembang pesat di masa mendatang,” kata Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi dilansir dari KompasTekno, Kamis (22/12/2016).

“Di dunia IoT, jaringan dibutuhkan untuk mendukung miliaran mesin-mesin yang dioperasikan secara remote untuk merekam dan menerjemahkan data yang kemudian digunakan untuk berbagai industri,” imbuhnya.

Teknologi NB-IoT didesain untuk memenuhi kebutuhan ini, menyediakan kapasitas, jaringan yang andal dan aman. Selain itu jaringan NB-IoT memungkinkan jangkauan penetrasi indoor sangat dalam (deep indoor coverage) dengan kemampuan konsumsi daya rendah.

Pada kegiatan uji coba kali ini, Telkomsel dan Nokia menyimulasikan layanan telemetri untuk pemantauan lingkungan, di mana informasi mengenai temperatur, kelembapan, dan tekanan udara dikirim melalui sensor yang terhubung ke jaringan dengan konektivitas NB-IoT.

Uji coba dilakukan menggunakan metode Band Frequency 200 KHz pada frekuensi 1.800 MHz.

“Nokia berkomitmen untuk mendorong inovasi dan teknologi yang memampukan kita untuk hidup dengan saling terkoneksi,” kata Robert Cattanach, President Director of Nokia Indonesia.

Baca juga : Nokia Mencoba Lagi Masuk Persaingan Smartphone di 2017

“Uji coba teknologi NB-IoT dengan Telkomsel ini juga menjadi momen penting dalam menunjukkan konektivitas IoT di kehidupan nyata,” pungkasnya.
(Muspri-sisidunia.com)