Home » Ekonomi & Bisnis » China Memberikan Bantuan Kepada Filipina Untuk Memerangi Teroris

China Memberikan Bantuan Kepada Filipina Untuk Memerangi Teroris



Manila – Hubungan antara China dengan Filipina semakin “mesra” mulai terasa. Negeri Tirai Bambu itu memberikan bantuan ke Manila dalam bentuk pasokan senjata senilai USD14 juta atau sekira Rp188 miliar. Selain itu, China juga memberikan bantuan mentah jangka panjang senilai USD500 juta atau Rp6,7 triliun.

China Memberikan Bantuan Kepada Filipina Untuk Memerangi Teroris

Menteri Pertahanan Filipina, Delfin Lorenzana mengatakan pasokan senjata yang diberikan oleh China terdiri dari senjata api kecil dan speed boat. Lorenzana menyebut bantuan itu akan digunakan untuk membantu Presiden Rodrigo Duterte memerangi kejahatan dan teroris.

Baca juga : Nikkei 225 Naik Satu Persen Akibat Bursa Saham Asia Melonjak

“China telah memberikan kami sebuah daftar peralatan militer, dan kami akan membacanya untuk mencari tahu apa yang kami paling butuhkan,” ujar Lorenzana, sebagaimana dikutip dari Russia Today, Kamis (22/12/2016).

Dilaporkan, bantuan tersebut merupakan buntut dari pertemuan Duterte dengan Duta Besar China Zhao Jianhua. Ia juga menawarkan bantuan USD500 juta kepada Duterte dalam bentuk pinjaman lunak yang diklaim akan menguntungkan Filipina.

Pada awal Desember 2016, mengenai peminjaman ini sebenarnya sudah bergema. Duterte sempat berjanji akan mengirim Menhan Filipina ke Beijing untuk menerima kesepakatan pembelian senjata yang akan dibayarkan dalam kurun waktu 25 tahun. (bens – sisidunia.com)