Home » News » Akibat Mencuri, Sepasang Turis Asal Autralia Diarak Keliling Pulau

Akibat Mencuri, Sepasang Turis Asal Autralia Diarak Keliling Pulau



Jakarta – Sepasang turis Australia yang terlibat kasus pencurian diarak di Gili Trawangan. Hal tersebut sontak viral melalui beberapa postingan di Facebook.

Akibat Mencuri, Sepasang Turis Asal Autralia Diarak Keliling Pulau

Media internasional BBC World juga membahas kejadian turis yang diarak keliling Gili Trawangan akibat tertangkap kamera CCTV yang tengah melakukan aksinya.

Di leher dua orang turis bule tersebut digantungkan sebuah papan karton yang bertuliskan ‘I AM THIEVE. DON’T DO WHAT I DID!’ (Saya pencuri. Jangan lakukan apa yang telah kulakukan). Polisi dan penduduk setempat yang tengah mengarak sepasang turis tersebut keliling pulau.

Baca juga : Menganggap Hidup Adalah Proses, Mantan satpam di London Ini Terpilih Menjadi Presiden di Afrika

Mencari tahu lebih detil, detikTravel pun sempat mewawancarai Kadisbudpar NTB Lalu Muhammad Faozal di Gedung Sapta Pesona, Rabu (21/12/2016). Diungkapkan oleh Faozal, bahwa Gili Trawangan punya aturan adat atau Awik-awik yang bertugas untuk memantau keamanan.

“Mereka punya aturan, Gili clear dari alat negara, tidak ada polisi dan aparat. Mereka punya awik-awik, semacam aturan adat yang terbentuk dari kesepakatan masyarakat dan dilakukan masyarakat itu sendiri. Ketika terjadi kriminal akan diselesaikan melalui hukuman sosial seperti itu,” ujar Faozal.

(bens – sisidunia.com)