Home » Gaya Hidup » Payudara Wanita Sudah Tumbuh Maksimal di Usia 18-20 Tahun

Payudara Wanita Sudah Tumbuh Maksimal di Usia 18-20 Tahun



Jakarta – Payudara adalah bagian tubuh yang paling krusial bagi wanita. Bahkan ukurannya pun kerap menentukan tingkat kepercayaan diri wanita.

Payudara Wanita Sudah Tumbuh Maksimal di Usia 18-20 Tahun

Namun dalam kondisi tertentu, ukuran payudara bisa membesar atau bahkan menyusut. Misalnya pada pagi hari yang memungkinkan payudara terlihat lebih besar dari sebelumnya, dan malam membuatnya mengecil.

Baca juga : Ini Obat Yang Dapat Bantu Obati Kanker Payudara pada Wanita Menopause

Hal tersebut tentu dapat menimbulkan segudang pertanyaan bagi wanita, bahwa sampai kapan payudara itu dapat tumbuh? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Rebecca Brightman, seorang dokter spesialis kandungan dan kebidanan yang berbasis di New York, Amerika Serikat memberikan pemaparannya.

Dikatakan Rebecca, masa pertumbuhan payudara wanita terbagi dua fase. Yakni selama pubertas dan setelah pubertas. Berikut penjabarannya, seperti dikutip Seventeen, Jumat (16/12/2016).

Selama pubertas

Pertumbuhan payudara mulai muncul dan terlihat ketika seorang gadis berusia antara 8-13 tahun. Tanda-tanda tumbuhnya payudara setiap orang berbeda-beda

“Ketika melalui fase pubertas, hal pertama yang terjadi adalah mereka melihat di sekitar areola menjadi lebih besar,” ungkapnya.

Pada fase ini, penting bagi seorang gadis memilih dan belajar mengenakan bra berbahan tipis. Tak hanya untuk menjaga puting yang ikut membesar, hal itu juga berguna untuk menutupi areola yang ukurannya tak lagi sama.

Usai pubertas

Payudara wanita tumbuh dan berkembang selama masa pubertas dan berhenti setelahnya. Pada wanita masa pubertas biasanya berakhir pada usia 18-20 tahun. Pada fase ini, payudara sudah tumbuh maksimal.

Hal itu merupakan pertanda bahwa ukuran payudara pada usia 18 tahun, adalah ukuran payudara yang dimiliki selamanya. Satu hal yang dapat mengubah ukuran payudara pada usia tersebut hanyalah faktor perubahan hormon, penurunan berat badan atau berat badan yang meningkat.

Payudara itu tumbuh dan terdiri dari jaringan fibrosa dan jaringan lemak. Rebecca juga menjelaskan tingkat kekencangan payudara juga dipengaruhi faktor genetika. Jangan heran jika ukuran kedua payudara seorang wanita itu berbeda, karena hal itu bisa terjadi dan terbilang normal.

(bens – sisidunia.com)