Home » Ekonomi & Bisnis » Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa

Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa



Jakarta – Bank Indonesia telah resmi mengeluarkan desain terbaru untuk 11 seri uang rupiah. Seri uang rupiah Tahun Emisi (TE) 2016 ini terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam. Peresmiannya juga dihadiri oleh Presiden Jokowi dan Menteri Sri Mulyani.

Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa

Memang apa saja sih yang diubah? Kenapa sih harus diganti? Terus uang yang lama gimana? Berikut ini penjelasan singkatnya :

1. Pecahan nominalnya tetap sama. Yang mengalami penggantian adalah design uang dan gambar tokoh-tokoh pahlawan Indonesia
Keluaran seri TE 2016 ini tidak mengubah nominal, melainkan hanya desain uangnya saja. Selain pecahan Rp100.000 yang tetap diisi oleh Soekarno-Hatta, semua pahlawan pada uang kertas mengalami penggantian. Selain itu, uang logam yang dulu hanya dihiasi gambar burung garuda dan nominal pecahan, kini akan menampilan sosok pahlawan juga.

Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa

Memang kenapa sih harus diganti?

Baca juga : Aksi Ambil Untung, Kurs Dolar AS Melemah

2. Penggantian tokoh-tokoh ini sebagai wujud kebhinekaan dan keragaman Indonesia. Karena peran-peran pahlawan lain juga tak tanggung-tanggung jasanya untuk negara
Selain untuk menunjukkan keberagaman, penggantian gambar pahlawan ini juga bertujuan untuk memperkenalkan pahlawan-pahlawan lain yang tidak kalah berjasanya kepada bangsa Indonesia. Pahlawan-pahlawan yang menjadi wajah baru uang Rupiah ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Seperti misalnya Frans Kaisiepo, sosok pahlawan ini jadi tokoh Papua pertama yang muncul di uang Rupiah. Beliau adalah wakil Papua dalam Konferensi Malino untuk pembentukan Republik Indonesia Serikat pada tahun 1946. Pergantian gambar di mata uang ini mungkin tujuannya supaya pahlawan-pahlawan dari Sabang sampai Merauke bisa diabadikan dalam lembaran maupun pecahan uang.

Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa

3. Selain mengenalkan pahlawan negara, uang baru ini juga punya sistem keamanan yang lebih oke untuk menanggulangi permasalahan maraknya peredaran uang palsu
Seri baru yang akan mulai beredar hari ini punya keamanan yang lebih oke untuk menanggulangi kasus uang palsu. Dari sisi color shifting, kalau dilihat dari sudut pandang tertentu akan muncul perubahan warna. Begitu juga dengan rainbow feature, akan muncul bayangan nominal uang bila dilihat dari sudut pandang tertentu. Fitur UV yang menimbulkan bayangan saat dilihat di bawah sinar matahari dan fitur blind code semakin dikuatkan. Dengan demikian, uang baru ini akan lebih ramah ‘rabaan’ yang mempermudah untuk membedakan Rupiah bagi tuna netra.

Beberapa Alasan Terkait Berubahnya Mata Uang Indonesia Dari Masa Ke Masa

(Muspri-sisidunia.com)