Home » Sport » Kalah Dari Thailand, Indonesia Belum Bisa Lepas Dari Julukan Spesialis Runner Up

Kalah Dari Thailand, Indonesia Belum Bisa Lepas Dari Julukan Spesialis Runner Up



Jakarta – Timnas Indonesia gagal gagal memenagnkan Piala AFF 2016. Di leg kedua final Indonesia melawan Thailand dengan skor 0-2, Sabtu (17/12/2016).

Kalah Dari Thailand, Indonesia Belum Bisa Lepas Dari Julukan Spesialis Runner Up

Padahal, sebenarnya hasil imbang sudah cukup bagi Tim Garuda untuk menjadi juara untuk pertama kalinya di turnamen dua tahunan ini. Sebab, di final pertama skuat Merah Putih menang 2-1 di Stadion Pakansari.

Baca juga : Riedl Menyebut Thailand Layak Menjadi Juara Piala AFF 2016

Timnas Indonesia memang sebenarnya tidak diunggulkan dalam Piala AFF 2016. Maklum, selama 1,5 tahun belakangan mereka absen di level internasional karena sanksi FIFA.

Namun, kejutan demi kejutan diraih skuat Garuda, mulai dari babak penyisihan hingga final pertama.Sayang, di partai puncak Boaz Solossa dan kawan-kawan harus mengalami tradisi pahit mengulang sejarah kelam.

Kekalahan di Stadion Rajamangala berarti Indonesia sudah 3 kali gagal mengalahkan Thailand di final Piala AFF 2016.

Skuat Garuda sebelumnya sudah dua kali bersua dengan Thailand di partai puncak. Namun, dari dua kesempatan, Indonesia selalu tidak beruntung, yakni pada 2000 dan 2002 lalu.

Indonesia dan Thailand memang punya caratan menarik di ajang Piala AFF ini. Namun, keduanya beda nasib di final.

Thailand jadi peraih juara terbanyak bersama Singapura sebanyak empat kali. Sementara, Indonesia jadi spesialis runner-up dengan empat kali gagal di final.

Diketahui, rekam jejak timnas Indonesia di ajang ini hanya berstatus nyaris sejak masih bernama Piala Tiger. Skuat Merah Putih bernafsu sekali meraih juara pada turnamen paling bergengsi di kawasan ASEAN. Lantaran, prestasi tertinggi Indonesia hanyalah runner up pada 2000, 2002, dan 2004, dan 2010. (bens – sisidunia.com)