Home » Techno » Peretas Jual Data Pengguna Yahoo Senilai Rp 4 Miliar

Peretas Jual Data Pengguna Yahoo Senilai Rp 4 Miliar



California – Sebelumnya telah diberitakan, para peretas telah berhasil membobol 500 juta lebih akun Yahoo. Data personal para pengguna email Yahoo ini bisa digunakan untuk berbagai hal terlebih untuk tindakan melanggar hukum.

Peretas Jual Data Pengguna Yahoo Senilai Rp 4 Miliar

Tak heran jika ada pihak yang mau membayar untuk mendapatkan data tersebut. Menurut laporan dari New York Times, data-data pengguna email Yahoo hasil curian para hacker telah terjual lewat Dark Web pada Agustus kemarin.

Baca juga : Rusia Dituding Meretas Pemilu AS Untuk Menangkan Donald Trump

Mereka menuliskan, bahwa sebanyak 1 juta data pengguna email Yahoo itu terjual dengan harga sebesar 300 ribu USD atau setara 4 miliar rupiah. Data sebanyak itu, menurut Chief Intelegence Office dari InforArmor Andrew Komarov, terjual kepada tiga pihak.

Dua di antaranya dikenal sebagai sosok spammer yang suda terkenal. Sementara itu, pihak ketiga dipercaya terlibat dalam aksi mata-mata dan kemungkinan memakai data tersebut untuk aksi yang biasa dilaksanakannya.

Andrew mengungkapkan, kemungkinan besar bahwa pihak yang melakukan peretasan terhadap sistem keamanan Yahoo adalah para hacker yang berbasis di Eropa Timur. Data-data personal berupa nama akun, alamat email, password, nomor telepon itupun bisa digunakan untuk berbagai hal.

Berdasarkan laporan yang sama dari NYT, akun hasil curian ini juga termasuk akun milik para pegawai pemerintah dan militer Amerika Serikat. Jumlahnya tidak sedikit, sekitar 150 ribu data. (bens – sisidunia.com)