Home » Gaya Hidup » Ini Obat Yang Dapat Bantu Obati Kanker Payudara pada Wanita Menopause

Ini Obat Yang Dapat Bantu Obati Kanker Payudara pada Wanita Menopause



Jakarta – Sebuah studi mengungkapkan bahwa obat-obatan yang biasa digunakan untuk mengobati depresi atau rasa cemas dapat mengurangi rasa sakit pada sendi secara signifikan pada wanita menopause yang sedang menjalani pengobatan kanker payudara stadium awal.

Ini Obat Yang Dapat Bantu Obati Kanker Payudara pada Wanita Menopause

Para peneliti mencaritahu apakah duloxetone, sebuah obat depresi dan cemas, dapat mengurangi rasa sakit akibat penghambatan aromatase, sebuah pengobatan kanker payudara yang umum digunakan wanita menopause karena dianggap cukup efektif.

“Hasilnya, pengobatan tersebut adalah pilihan yang potensial bagi wanita,” ujar Lynn Henry, seorang investigator SWOG dari Huntsman Cancer Institute at the University of Utah di Amerika Serikat.

SWOG adalah sebuah jaringan percobaan klinis kanker internasional yang didanai oleh National Cancer Institute (NCI), Amerika.

Ia menambahkan, mengonsumsi obat tersebut juga membantu menoleransi pengobatan kanker payudara. Menjaga kesehatan selama pengobatan kanker payudara adalah hal yang penting, menurutnya.

Puluhan ribu wanita menopause menjalani pengobatan penghambat aromatase (Als) setiap tahunnya, mengonsumsi pil yang dapat menghentikan produksi estrogen dan membuat lapar hormon positif-reseptor untuk sel kanker payudara.

Kebanyakan wanita, sebanyak 50 persen, mengalami nyeri dan kaku sendi sebagai efek samping dari terapi. Henry menyarankan beberapa pasiennya untuk berhenti konsumsi obat-obatan tersebut.

“Banyak wanita berusia 60 tahun melaporkan bahwa mereka merasa seperti 80 tahun,” ungkapnya.

Ia menambahkan, rasa sakit tersebut benar-benar mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu, lama pengobatan Als sekitar 10 tahun sehingga banyak wanita merasa tak nyaman dalam waktu yang cukup lama.

Hasil dari penelitian yang melibatkan 300 wanita tersebut menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi duloxetine mengalami penurunan tingkat kesakitan dari skala 5,5 menjadi sekitar tiga.

Baca juga : Hasil Riset Menunjukkan Donor Ginjal Diusia 65 Tahun Juga Oke !

Perbaikan yang cepat dan perasaan lega tetap bertahan selama 12 minggu masa percobaan. Perbaikan rasa sakit juga terlihat pada lengan yang tak mengalami rasa sakit pada masa percobaan karena adanya efek yang kuat.
(Muspri-sisidunia.com)