Home » News » Evakuasi Korban Pesawat Hercules Yang Meninggal Ke Lanud Wamena

Evakuasi Korban Pesawat Hercules Yang Meninggal Ke Lanud Wamena



Jakarta – Seluruh korban pesawat Hercules C-130 milik TNI Angkatan Udara yang jatuh di wilayah Gunung Tugima, Kampung Minimo, Distrik Maima, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Minggu, 18 Desember 2016, sudah berhasil ditemukan dalam kondisi meninggal. Jenazah korban saat ini sudah dievakuasi dari lokasi kejadian.

Evakuasi Korban Pesawat Hercules Yang Meninggal Ke Lanud Wamena

“Jenazah sudah diturunkan, sekarang dalam perjalanan menuju Pangkalan TNI AU,” kata Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Inf J. A. Krismadi seperti yang dilansir dari tvOne, Minggu, 18 Desember 2016.

Krismadi belum dapat memastikan jumlah pastinya korban tewas dalam insiden tersebut. Ia mengaku hanya bertugas mengevakuasi jenazah korban, bersama dengan personel dari Basarnas, Batalyon 648 Paskhas, dan aparat kepolisian. “Nanti resminya TNI AU yang sampaikan (jumlah korban tewas),” ujarnya.

Menurut Krismadi, lokasi pesawat jatuh di Distrik Minimo terbilang cukup terjal. Untuk mencapai lokasi, timnya harus berjalan kaki selama satu jam. Belum lagi, lokasi jatuhnya pesawat kemiringannya cukup terjal. “Jadi, kami membutuhkan waktu satu jam ke lokasi,” tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, pesawat Hercules C-130, A-1334 dengan rute Timika ke Wamena hilang kontak hari ini, Minggu 18 Desember 2016. Pesawat berangkat dari Timika menuju Wamena pukul 05.35 WIT, dan direncanakan tiba di Wamena pukul 06.13 WIT. Namun, pesawat dilaporkan jatuh sebelum mendarat di Wamena.

Baca juga : Minta Tak Buru-Buru Menyimpulkan, TNI AU Masih Menelisik 5 Hal Investigasi Penyebab Jatuhnya Hercules

Pesawat yang membawa 12 orang pilot dan kru, serta satu orang prajurit dinas. Seluruh korban dipastikan tewas.
(Muspri-sisidunia.com)