Home » News » Longsor Menutupi Jalan 3 Dusun Kabupaten Pacitan Terisolir

Longsor Menutupi Jalan 3 Dusun Kabupaten Pacitan Terisolir



Pacitan – Diguyur hujan lebat Kabupaten Pacitan, Jawa Timur membuat jalan desa yang menghubungan kecamatan Tulakan dengan Tegalombo tertutup longsoran tebing setinggi 20 meter.Longsor Menutupi Jalan 3 Dusun Kabupaten Pacitan Terisolir

Longsor tersebut mengakibatkan, ratusan warga yang berada di Dusun Gebang dan Dusun Kawilongan nyaris terisolir. Untuk keluar dari dusun mereka, mau tak mau warga harus melalui material longsor tersebut.

Baca juga : Jajaran Polda Sulsel Razia 10 Tempat Hiburan Malam

Kondisi memprihatinkan ini terjadi di Desa Gedangan, Kecamatan Tegalombo. Hujan deras yang terus turun menyebabkan tebing di sisi jalan longsor. Demikian juga jalan penghubung antar desa, juga hancur terbawa longsor.

Material longsor setinggi lima meter masih menimbun badan jalan. Tebalnya material longsor berupa tanah dan bebatuan menyulitkan proses pembersihan.

Putusnya jalur ini menyebabkan ratusan warga di Dusun Gebang dan Kawilongan, Desa Gedangan terisolir. Warga tak bisa keluar kampung.

“Aktivitas ekonomi, pendidikan, pertanian lumpuh total akibat longsor. Warga yang ingin keluar desa harus nekat melintasi longsoran dengan jalan kaki dan sangat membayakan,” kata Kepala Desa Gedangan Sunaryo di lokasi, Sabtu (17/12/2016).

Sunaryo dan warganya berharap, agar pemerintahan daerah segera buatkan jalan baru agar bisa melintas. Karena jalan desa yang tertutup longsor tersebut sudah benar-benar tidak bisa dilalui. (bens -sisidunia.com)