Home » News » AS Janjikan Hadiah Ratusan Miliar Untuk Yang Bisa Menangkap Pimpinan ISIS

AS Janjikan Hadiah Ratusan Miliar Untuk Yang Bisa Menangkap Pimpinan ISIS



Jakarta –  Imbalan sebesar US$ 25 juta atau setara Rp325 miliar Pemerintah Amerika Serikat menawarkan bagi siapapun yang membantu menemukan dan menangkap pemimpin kelompok ekstremis ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi.AS Janjikan Hadiah Ratusan Miliar Untuk Yang Bisa Menangkap Pimpinan ISIS

Imbalan yang diberikan Kementerian Luar Negeri AS ini sebelumnya pada Oktober 2011 lalu menawarkan hadiah sebesar US$ 10 juta untuk setiap informasi terkait Baghdadi. Pengumuman mengenai pelipatan imbalan ini diumumkan sejak Jumat kemarin.

Baca juga : Polri Beber Ancaman ISIS Di Asia Tenggara

Dilansir Reuters, Sabtu 17 Desember 2016, Baghdadi yang merupakan seorang berkebangsaan Irak dengan nama asli Ibrahim al-Samarrai ini menyatakan dirinya sebagai khalifah ISIS sejak dua tahun lalu.

Hingga kini lokasi keberadaannya tidak jelas. Beberapa laporan mengatakan dia kemungkinan berada di wilayah Mosul, Irak atau wilayah lainnya yang dikepung ISIS di sebelah barat kota, dekat perbatasan dengan Suriah.

Pihak Kurdi meyakini bahwa berbagai tekanan atas serangan koalisi militer di Mosul telah menyebabkan Baghdadi dan para pemimpin lainnya untuk bergerak dan mencoba menyembunyikan diri.

Sebelumnya awal bulan ini, pertemuan darurat pejabat senior ISIS yang diduga membahas pengganti Abu Bakar al-Baghdadi, memicu rumor bahwa pemimpin kelompok teror tersebut telah tewas.

Belum dapat dikonfirmasi kenapa kelompok ekstremis ini berkumpul untuk mencari pengganti Baghdadi. Menurut kabar yang beredar mengutarakan bahwa ia telah tewas dalam serangan lanjutan terhadap ISIS di Kota Mosul. Meski masih hidup, tidak jelas dimana tempat ia bersembunyi. (bens – sisidunia.com)