Home » Otomotif » Berita Otomotif : Sienta Jadi Kandidat Terbaik Dalam Indonesian Car of The Year

Berita Otomotif : Sienta Jadi Kandidat Terbaik Dalam Indonesian Car of The Year



Jakarta – Fokus Toyota untuk bermain di segmen MPV kompak, memang tak salah. Sienta yang mengisi segmen sama dengan Honda Freed, kali ini didaulat sebagai yang terbaik di Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2016.

Berita Otomotif : Sienta Jadi Kandidat Terbaik Dalam Indonesian Car of The Year

Penghargaan diberikan setelah melalui pengujian ketat ini, digelar majalah MobilMotor dan pengumumannya berlangsung pada Rabu (14/12/2016) di Jimbaran Restaurant, Ancol, Jakarta Utara. Terpilihnya Sienta sebagai yang terbaik dalam ICOTY 2016, tidak semata karena subyektifitas jurnalis yang ada di dalamnya. Melainkan mereka menyelenggarakan sesi pengetesan dengan cara yang lebih akurat terhadap mobil-mobil yang baru diluncurkan dalam setahun terakhir.

Yaitu dilakukan pada waktu, kondisi hingga temperatur yang sama. Orang-orang yang melakukan pengetesan pun diambil dari ragam latar pekerjaan. Ada yang berasal dari kalangan akademisi, lulusan sarjana teknik, pembalap dan beberapa lagi lainnya. Mereka adalah Dr Yannes Martinus (ketua), Dr Turyandi Itto (anggota), Andre DG Poetra (anggota), Irwan Fahrudin (anggota), Ario Demas S.ST (anggota) dan Jimmy Lukita (test driver).

Adapun lokasi pelaksanaannya adalah kawasan Sentul Selatan dan Sirkuit Sentul dan dilaksanakan pada (9/11). Lokasi tersebut jadi favorit karena bisa mewakili segala macam kondisi jalan. Materi yang diujicobakan berkisar hal-hal yang sering dipertanyakan oleh para calon pembeli mobil.

Penilaian akan kualitas, uji kenyamanan, kualitas pengendalian, fitur-fitur, serta tentunya pengujian secara obyektif mempergunakan alat ukur. “Metode pengujian mobil ini cukup obyektif. Karena dilakukan dengan dominasi alat bantu data seperti vericom dan lain-lain. Peran pengemudi hanya untuk membahasakan feeling pengendara dan itu pun sebagian kecil saja. Bisa dibilang, mayoritas hasil pengetesan merujuk ke data,” ujar Pemimpin Umum MobilMotor, Rudi Kurniadi.

Terdapat 11 kategori yang dilombakan, termasuk kategori hybrid. Setiap pengujian ditujukan untuk menilai mana yang terbaik dalam kategorinya. Dan dari pemenang setiap kategori dengan nilai tertinggi akan dianugerahkan gelar Best of The Best ICOTY 2016.

Khusus untuk kategori hybrid, masuk ke dalam sistem eksebisi. Alasannya karena mobil hybrid belum banyak dikenal konsumen mobil di Indonesia.

Baca juga : Berita Otomotif Terkini : Toyota Keluarkan Senjata Lawan Honda Freed

Berikut hasil terbaik di segmen:
• LCGC Sedan: Honda Brio Satya
• LCGC MPV: Daihatsu Sigra
• SUV Diesel: Hyundai Santa FE
• SUV Compact: Chevrolet Trax
• MPV Compact: Toyota Sienta
• Compact Hatchback: All New Honda Jazz
• City Car: New Honda Brio RS
• Medium Sedan: Honda Civic Turbo
• MPV: Al New Toyota Kijang Innova
• Small MPV: Suzuki Ertiga
• Hybrid: Toyota Camry

Best of The Best ICOTY 2016 adalah Toyota Sienta.
(Muspri-sisidunia.com)