Home » News » Apa Jadinya Jika Ahok Terpilih Di Pilkada 2017?

Apa Jadinya Jika Ahok Terpilih Di Pilkada 2017?



Jakarta – Terdakwa kasus dugaan penistaan agama, yaitu Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, baru saja menjalani sidang pertamanya, pada Selasa (13/12/2016). Namun, sebagai calon Gubernur DKI Jakarta, hak untuk dipilih kembali jadi pertanyaan.

Apa Jadinya Jika Ahok Terpilih Di Pilkada 2017?

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad mengatakan, Ahok ternyata masih berhak dipilih pada Pilkada 2017 nanti. Meskipun Ahok berstatus terpidana. “Dia (Ahok) masih berhak dipilih dengan status terpidana,” katanya.

Baca juga : Massa Taruna Merah Putih Berorasi Minta Ahok Dibebaskan Dari Tuduhan

Muhammad mengatakan, hal ini tertuang dalam Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016, Pasal 163 ayat 6 hingga 8. Dalam pasal-pasal itu, tertulis bahwa, calon Gubernur dan atau calon Wakil Gubernur terpilih ditetapkan menjadi tersangka/terdakwa/terpidana pada saat pelantikan, yang bersangkutan tetap dilantik menjadi Gubernur atau Wakil Gubernur.

Sebagai pembanding kasus Ahok, Muhammad membandingkannya dengan calon di Gorontalo yang statusnya terpidana dan haknya tak dibatasi untuk dipilih. “Salah satu calon di Gorontalo statusnya terpidana. Tapi tidak dibatasi haknya untuk dipilih,” ucap Muhammad.

(bens – sisidunia,.com)