Home » Otomotif » Motor Bebek Ternyata Masih Banyak Diminati di Negara Ini

Motor Bebek Ternyata Masih Banyak Diminati di Negara Ini



Hanoi – Di Indonesi motor skutik lebih laris. Namun, di Vietnam motor bebek ternyata menjadi pilihan utama.

Motor Bebek Ternyata Masih Banyak Diminati di Negara Ini

“Di Vietnam paling banyak yang dibeli itu bebek (cub),” ujar General Manager Technical Service Division AHM Wedijanto Widarso.

Wedijanto menambahkan, Indonesia masih lebih beruntung soal produk andalan. Karena di Indonesia pilihan Honda jauh lebih banyak, dibandingkan dengan Vietnam.

Baca juga : Segera Dirilis, Yamaha Aerox 155 Bisa Menjadi Pesaing Berat Vario 150

“Tapi di Vietnam dan Indonesia itu berbeda. Pilihan model di Indonesia jauh lebih banyak dibandingkan dengan Vietnam. Dan di Vietnam model yang paling banyak terjual itu seperti Honda Revo,” kata Wedi.

Berbanding terbalik, segmen motor bebek di Indonesia tergerus dengan motor skuter matik (skutik). Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), dari total penjualan sepeda motor 5.493.521 unit di Indonesia periode Januari-November 2016, motor bebek hanya menyumbang 10,19 persen.

Motor bebek sampai November 2016 hanya terjual sebanyak 559.586 unit. Sedangkan skutik terjual 4.335.427 unit atau menyumbang 78,92 persen.

Ketua Bidang Komersial AISI, Sigit Kumala, memperediksi pasar motor tahun depan masih didominasi oleh motor jenis skutik. Kontribusi skutik di tahun 2017 ada kenaikan 1 persen jika dibandingkan tahun ini.

“Masih didominasi skutik atau motor matik karena sekarang kontribusi sudah 79 persen dan kami perkirakan ada di 80 persen (tahun depan),” tutur Sigit.

(bens – sisidunia.com)