Home » Techno » Korea Utara Diduga Sebagai Dalang Dibalik Pencurian Data Rahasia Dari Cyber Command Korea Selatan

Korea Utara Diduga Sebagai Dalang Dibalik Pencurian Data Rahasia Dari Cyber Command Korea Selatan



Jakarta – Korea Selatan membuat cyber command pada bulan Januari 2010 untuk melawan serangan siber yang menargetkan militer mereka. Namun, tampaknya, cyber command tersebut gagal melindungi dirinya sendiri dari serangan siber.

Korea Utara Diduga Sebagai Dalang Dibalik Pencurian Data Rahasia Dari Cyber Command Korea Selatan

Kementerian Pertahanan Dalam Negeri berkata pada Yonhap News bahwa para hacker berhasil masuk ke dalam komputer pusat komando siber dan mencuri beberapa dokumen militer, termasuk informasi rahasia.

Engadget melaporkan, pemerintah Korea Selatan memperkirakan, tetangganya, Korea Utara, adalah dalang dibalik penyerangan ini.

Berita tentang ditembusnya pusat komando siber Korea Selatan muncul pada bulan September ketika regulator Kim Jin-pyo menunjukkan bahwa sebuah malware berhasil mengeksploitasi kelemahan yang ada pada server militer.

Ketika itu, dia berkata, kemungkinan sang penyeludup mencuri informasi rahasia “sangat rendah” mengingat komputer komando menggunakan intranet yang tidak terhubung ke server tersebut. Ternyata, perkiraan itu salah. Namun, hingga sekarang, pihak Korea Selatan masih belum tahu data rahasia apa yang berhasil dicuri oleh para hacker.

Korea Utara dikenal sebagai negara yang memiliki ribuan orang yang siap untuk melakukan serangan siber. NSA percaya, mereka bertanggung jawab atas serangan yang mengincar komputer Sony Entertainment pada tahun 2014, yang menyebabkan terjadinya kebocoran informasi dan film yang belum tayang beredar di internet.

Baca juga : Hacker `Anonymous` Ancam Akan Lakukan Serangan Cyber Besar-besaran Terhadap ISIS

Pada bulan Juni, dilaporkan bahwa Korea Utara berhasil mencuri cetak biru dari pesawat tempur dari Amerika Serikat. Korea Selatan juga menyalahkan Korea Utara atas serangan siber yang menargetkan ponsel dari para pejabat keamanan.
(Muspri-sisidunia.com)