Home » News » Inggris Melarang Kelompok Jihad Putih Yang Sebarkan Rasialis dan Kebencian

Inggris Melarang Kelompok Jihad Putih Yang Sebarkan Rasialis dan Kebencian



London – Pemerintah Inggris akan memberangus kelompok Neo-Nazi, National Action, NA yang dikenal sebagai kelompok Jihad Putih.

Inggris Melarang Kelompok Jihad Putih Yang Sebarkan Rasialis dan Kebencian

Al Jazeera melaporkan Senin (12/12/2016), hal itu dibenarkan Amber Rudd, Menteri Dalam Negeri Inggris.

“Saya mengambil langkah untuk melarang grup National Action, karena rasialis, anti-Semit, dan sering mengobarkan kebencian, memuja kekerasan. Saya tidak tahan lagi,” kata Amber Rudd.

Kelompok ini mengunggah sejumlah pesan di Twitter, mendukung Thomas Mair, anggota kelompok supremasi putih yang membunuh anggota parlemen Inggris Jo Cox.

Tidak seperti kelompok sayap kanan lainya, National Action tidak mengenakan atribut Neo-Nazi, tapi anggotanya berpakaian serba hitam dan topeng. Mereka mengusung poster bertuliskan ‘Hitler Benar!’

Kelompok National Action menyambut gembira terpilihnya Donald Trump. Mereka memasang foto-foto para aktivis memegang poster White Power disertai gambar para anggota Republik AS.

“Saya tidak yakin, pelarangan ini merupakan jalan terbaik untuk mengurangi kegiatan kelompok sayap kanan,” tutur Paul Jackson, ahli kelompok kanan di Northampton University.

Baca juga : Muslim Inggris Merasakan Ketakutan Pasca Referendum Brexit

“Yang diperlukan, melatih sejumlah warga yang mungkin berhadapan dengan kelompok kanan. Misalnya, polisi, guru dan dokter,” kata Paul Jackson.
(Muspri-sisidunia.com)