Home » Travel & Kuliner » Ekosistem Goa Pindul Pindul Terancam Akibat Banyaknya Wisatawan Yang Datang

Ekosistem Goa Pindul Pindul Terancam Akibat Banyaknya Wisatawan Yang Datang



Jakarta – Ribuan wisatawan memadati kawasan Gua Pindul, Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul, Yogyakarta saat memanfaatkan momen liburan. Akibatnya, ekosistem didalamnya terancam.

Ekosistem Goa Pindul Pindul Terancam Akibat Banyaknya Wisatawan Yang Datang

Bahkan setiap kali liburan, gua dengan panjang lebih kurang 400 meter itu selalu dikerubungi wisatawan. Airnya pun seolah tidak kelihatan karena banyaknya manusia yang mengapung diatas sungai untuk menyaksikan keindahan goa yang menjadi salah satu geosite dari 13 geosite Geopark Gunungsewu yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Baca juga : Terharu ! Kisah 2 Keluarga Muslim yang Menjaga Makam Yesus di Yerusalem

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gunungkidul Harry Sukmono mengungkapkan bahwa pemkab sedang merumuskan izin lingkungan di lokasi tersebut. Hal ini untuk melindungi gua pindul dari kerusakan. Terlebih lagi, kawasan Gunung Sewu mendapatkan pengakuan dunia dengan menjadi Kawasan Global Geopark Network dari Unesco.

“Saat ini kami sedang berporses menyusun izin pengelolaan lingkungan,”kata Hary saat dihubungi Selasa (13/12/2016).

Hal ini untuk mencegah kerusakan yang ada di dalam gua, akan ditetapkan pembatasan wisatawan yang boleh masuk ke gua. Termasuk mengkaji jumlah kapasitas dan daya tampung obyek wisata tersebut.

“Jangankan Gua Pindul yang merupakan geopark, walau pun bukan geopark pemerintah tetap harus membuat regulasi yang mengatur pemanfaatan kawasan wisata,”bebernya.

(bens – sisidunia.com)