Home » Ekonomi & Bisnis » Jelang Libur Akhir Tahun, IHSG Berpotensi Naik

Jelang Libur Akhir Tahun, IHSG Berpotensi Naik



Jakarta – Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bergerak cukup menjanjikan hingga akhir perdagangan pekan lalu di tengah masih berfluktuasinya nilai tukar dan harga komoditas.

Jelang Libur Akhir Tahun, IHSG Berpotensi Naik

“Pola pergerakan masih terlihat memiliki kekuatan besar untuk naik,” kata William Surya Wijaya, analis dari Asjaya Indosurya Securities, melalui keterangan tertulis, Selasa (13/12/2016).

Hal tersebut, kata William, tentunya ditunjang oleh masih stabilnya perekonomian. Tekanan lebih disebabkan dampak hari libur jelang akhir tahun. Sedangkan penguatan masih akan ditunjang oleh beberapa hal, diantaranya adalah jelang rilis data perekonomian global Fed Fund Rate yang sepertinya belum akan berubah.

William menuturkan, IHSG sedang bergerak untuk menggeser rentang konsolidasi ke arah naik, di tengah masih terjadinya capital outflow dan fluktuasi harga komoditas.

“IHSG masih menunjukkan peluang penguatan,” kata dia.

Hal tersebut, menurut William tidak terlepas dari peranan pemerintah dalam menjaga kondisi perekonomian dapat tetap stabil dan terkendali. BI rate dalam pekan ini yang juga masih terlihat belum akan ada perubahan, serta neraca perdagangan semakin menunjukkan bahwa keadaan perekonomian yang masih berada dalam tahap terkendali.

Sedangkan jelang libur panjang serta jelang pekan terakhir sepertinya akan terlihat kenaikan yang dapat disebut “santa rally” di mana masih menguatnya harga komoditas masih akan menunjang juga penguatan IHSG.

Baca juga : Pergerakan Bervariasi, IHSG Berpeluang Menguat Terbatas

“Hari ini IHSG berpotensi menguat, dengan rentang pergerakan 5.221 – 5.389,” tulis William.

Adapun saham-saham yang bisa dicermati hari ini antara lain BBNI, PGAS, ASRI, ADHI, WIKA, UNVR, HMSP, GGRM, serta ASII.
(Muspri-sisidunia.com)