Home » News » Anies Ingin Jadikan Museum di DKI Sebagai Wisata Edukasi

Anies Ingin Jadikan Museum di DKI Sebagai Wisata Edukasi



Jakarta – Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan menyatakan ada 142 museum di Jakarta yang selama ini tak digunakan dengan baik. Ia menginginkan ratusan museum di Jakarta itu dijadikan wisata edukasi.

Anies Ingin Jadikan Museum di DKI Sebagai Wisata Edukasi

“Ada 142 museum di Jakarta, jadi kita sebenarnya tak perlu ke mall,” katanya saat kampanye di Pademangan Barat, Jakarta Utara, Selasa (13/12/2014).

Baca juga : Aa Gym Menyebut Pesantrennya Kembali Ramai Sejak Adanya Aksi 411

Sayangnya, lanjut Anies, tak ada informasi yang memadai akan keberadaan museum tersebut. Ia memrogramkan, museum di Jakarta dijadikan wisata edukasi dan semuanya difasilitasi oleh Pemprov DKI, termasuk sarana transportasi. Sehingga setiap akhir pekan warga bisa berwisata dengan mudah dan murah.

Mantan menteri pendidikan ini menjelaskan, penyediaan bus akan menjangkau seluruh kelurahan yang ada di Ibukota. Warga bisa memanfaatkan bus tersebut secara gratis. Setiap kelurahan, kata dia, dijadwalkan untuk memanfaatkan bus tersebut.

“Bus itu akan membawa warga berkeliling ke setiap museum,” ucapnya.

Anies menambahkan, kunjungan ke museum juga akan memutar roda ekonomi masyarakat. Sebab, kata dia, saat ini yang dibutuhkan oleh pengelola museum adalah kunjungan. “Museum butuh pengunjung, masyarakat dapat wisata. Semua akan berputar,” katanya.

Menurut Anies, harus meningkatkan wisata edukasi seperti kunjungan ke museum. Sehingga Jakarta akan menjadi kota yang memiliki ekspresi budaya, dan Ibu Kota akan menjadi daerah yang bernuansa budaya. (bens – sisidunia.com)