sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Travel & Kuliner » Samyang : Makanan Korea Yang Fenomenal. Namun, Halal Atau Tidak Ya ?

Samyang : Makanan Korea Yang Fenomenal. Namun, Halal Atau Tidak Ya ?



Jakarta – Hallyu wave memang telah menginvasi pasar Indonesia sejak pertengahan tahun 2000-an. Namun kini serangan Hallyu (Korean) wave tidak berhenti di segmen musik atau drama saja. Bahkan berkat drama Korea, makanan-makanan impor Korea juga mulai memasuki pasar Indonesia. Dan yang terbaru adalah ramen super pedas yang dikenal dengan Samyang.

Samyang : Makanan Korea Yang Fenomenal. Namun, Halal Atau Tidak Ya ?

Samyang sebetulnya bukanlah nama ramen pedas yang sering dimakan, Samyang adalah nama perusahaan produsen mie ramen pedas tersebut. Mie ramen pedas ini sebenarnya bernama Buldak Bokkeum Myun atau Mie Ayam Pedas jika diubah ke bahasa Indonesia. Kepopuleran Samyang bermula ketika para Youtubers dan Vlogger melakukan Samyang Challenge.

Karena Samyang adalah makanan impor dari Korea, sebagian besar Muslim Indonesia bahkan seluruh dunia meragukan halal atau tidaknya Samyang. Memang secara kandungan, Samyang memiliki jejak lemak babi meskipun Mie ini sebetulnya berasa ayam. Huruf hangul yang digunakan pada Samyang juga cukup menyusahkan bagi orang awam untuk menikmati mie super pedas yang lagi hits ini.

Samyang : Makanan Korea Yang Fenomenal. Namun, Halal Atau Tidak Ya ?

Meski halal atau tidaknya mie pedas ini masih diperdebatkan, rupanya perusahaan produsen Samyang sendiri telah merilis produk mie pedas yang halal. Sertifikasi halal ini mereka dapatkan dari Korea Muslim Federation. Produk Samyang yang halal sama seperti produk-produk halal Indonesia lainnya, memiliki cap HALAL di kemasan.

Samyang : Makanan Korea Yang Fenomenal. Namun, Halal Atau Tidak Ya ?

Bahkan seorang blogger bernama Nizam Tikir rela berangkat ke Korea untuk mengunjungi pabrik Samyang. Dikutip dari Siakapkeli, Samyang Food Co. Ltd, pabrik mie ramen super pedas, ini memiliki dua buah pabrik untuk menghasilkan mie instan. Salah satunya berada di Wonju untuk memproduksi mie Samyang berlabel halal.

Baca juga : Resep : Bakso Khas Korea Selatan Yang Bernama “Korean BBQ Meatballs”

Di Indonesia sendiri kebanyakan Samyang yang beredar di pasaran belum menyertakan cap HALAL pada kemasannya. Oleh sebab itu, memang lebih baik membeli Samyang yang bercap Halal seperti yang telah didistribusikan di Singapura atau Malaysia. Jadi, kalau kamu ingin membeli Samyang pastikan ada logo Halal pada kemasannya ya.
(Muspri-sisidunia.com)