Home » News » Jelang Akhir Tahun 2016, Cukai Rokok Naik Lagi

Jelang Akhir Tahun 2016, Cukai Rokok Naik Lagi



Jakarta – Sempat anjlok, harga cengkih di tingkat petani menjelang akhir tahun ini kembali normal. Ketua Asosiasi Petani cengkih Indonesia, Dahlan Said mengatakan, pada bulan September dan Oktober lalu, harga cengkih di tingkat petani hanya sekitar Rp 75 ribu per kg.

Jelang Akhir Tahun 2016, Cukai Rokok Naik Lagi

Pada bulan Desember ini, harga kembali normal, yakni berkisar Rp 110 – 120 ribu per kg.

“Naiknya harga inilah yang ditunggu-tunggu oleh para petani cengkih kita,” ujarnya.

Meski kondisi cuaca tidak menentu akibat La Nina, tanaman cengkih ternyata dapat tumbuh cukup baik. Inilah yang menjadikan harga cengkih terkerek naik.

Penyebab lain, kata Dahlan juga tak lepas dari kabar kenaikan harga cukai dan rokok yang akan dijual Rp 50.000 per bungkus mulai tahun depan.

Namun, meski harga kembali normal, tahun ini petani tidak bisa menjual lebih banyak hasil panen cengkihnya. Karena produksi diprediksi stagnan di angka 110 ribu ton seperti tahun 2015 lalu.

Dengan jumlah produksi tersebut, sekitar 94 persen dialokasikan untuk memenuhi kebutuhan industri rokok.

“Sementara 6 persen sisanya, untuk kebutuhan industri non rokok, seperti industri kosmetik dan pestisida,” jelasnya.

Menurut Dahlan, dengan harga yang kembali normal dan produksi tetap sama, pihaknya berharap pemerintah tidak mengambil kebijakan yang dapat merugikan petani. Seperti, mengimpor cengkih, sebagaimana yang dilakukan dalam tiga tahun terakhir.

Karena pihaknya mendapat informasi, bahwa impor cengkih maupun produk turunan (saos rokok) mencapai 5.000 ton.

“Karena dampaknya sangat mengganggu harga cengkih di tingkat petani. Kami tegas menolak kalau adai mpor,” tegasnya.

Karena, industri rokok besar, kata Dahlan, biasanya telah memiliki persediaan stok cengkih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan produksi selama dua tahun.

Sementara perusahaan menengah, stoknya cukup untuk setahun, di perusahaan kecil cukup untuk enam bulan. (bens – sisidunia.com)