Home » Sport » Laga Final Indonesia vs Thailand Akan Dipimpin Oleh Wasit Asal Jepang

Laga Final Indonesia vs Thailand Akan Dipimpin Oleh Wasit Asal Jepang



Jakarta – Wasit asal Jepang, Iida Jumpei akan memimpin pertandingan leg pertama final Piala AFF 2016 antara Indonesia kontra Thailand. Dibanding dua wasit yang memimpin laga Indonesia babak semifinal, Iida Jumpei lebih irit kartu.

Laga Final Indonesia vs Thailand Akan Dipimpin Oleh Wasit Asal Jepang

Iida Jumpei ditunjuk Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) untuk memimpin laga Indonesia vs Thailand yang dijadwalkan pada Rabu (14/12/2016) di Stadion Pakansari, Bogor.

Baca juga : Tak Lolos Final Piala AFF 2016, Pelatih Vietnam Minta Maaf

Iida Jumpei akan didampingi Yagi Akane (asisten wasit I), Ochi Shinji (asisten wasit II) dan Okabe Takuto (wasit keempat).

Iida tercatat telah memimpin 51 pertandingan sejak 2012. Dengan catatan Iida sudah memberikan 13 penalti (tujuh untuk tim tuan rumah, enam untuk tim tamu), enam kartu merah (lima untuk tim tuan rumah dan satu untuk tim tamu) dan total 165 kartu kuning.

Terutama dari rekor kartu merah yang diberikan, wasit Iida Jumpei terbilang irit kartu dibanding wasit Fu Ming yang memimpin duel Vietnam kontra Indonesia di partai leg kedua semifinal Piala AFF 2016.

Fu Ming, terhitung sejak 2014 dari 25 pertandingan, sudah memberi enam penalti dan lima kartu kuning. Ia juga mengusir kiper Vietnam saat menjamu Indonesia.

Wasit Iida Jumpei tercatat pernah memimpin laga Timnas Indonesia. Bukan timnas senior melainkan timnas U-16 pada kualifikasi Piala AFC U-16 2012. Tepatnya, saat Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Guam U-16 17-0 pada 17 September 2011 dan kala kalah 2-5 dari Australia U-16 pada 22 September 2011.

Iida Jumpei juga pernah memimpin pertandingan yang melibatkan klub Indonesia. Pada 26 Februari 2013, ia memimpin pertandingan penyisihan Grup F Piala AFC 2013, antara Yangon United versus Persibo Bojonegoro di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-0 untuk tuan rumah.

Diketahui, Iida Jumpei dikenal dengan ketegasannya meski dibilang irit kartu. Wasit berusia 35 tahun ini memecahkan rekor dunia pemberi kartu merah tercepat saat bertugas di kompetisi liga Jepang, J-League, saat mengusir gelandang Tokyo Verdy, Tomo Sugawara, pada detik kesembilan dalam pertandingan melawan Sagan Tosu pada 15 April 2009. (bens – sisidunia.com)