Home » News » Karena Desakan Massa, UKDW Turunkan Poster Bergambar Mahasiswi Berhijab

Karena Desakan Massa, UKDW Turunkan Poster Bergambar Mahasiswi Berhijab



Yogyakarta – Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta menurunkan baliho penerimaan mahasiswa baru yang bergambar mahasiswi yang mengenakan jilbab. Hal itu dilakukan untuk memenuhi permintaan organisasi massa yang menyebut dirinya sebagai Forum Umat Islam (FUI) Di Yogyakarta.

Karena Desakan Massa, UKDW Turunkan Poster Bergambar Mahasiswi Berhijab

Rektor UKDW, Dr Henry Feriadi, kepada wartawan di Yogyakarta, Kamis (8/12/2016), menyatakan kampusnya didatangi ormas yang meminta agar baliho diturunkan dengan alasan jilbab adalah simbol Islam dan UKDW telah melakukan kebohongan publik.

Baca juga : Debat Cagub-Cawagub DKI Terbuka Untuk Masyarakat Umum

“Kami menyanggupi, tetapi memang tidak bisa seketika dan ormas Islam memberi waktu satu kali 24 jam,” katanya.

Menurut Henry, UKDW memang memasang baliho serupa di lima titik. Dalam baliho tersebut memang menampilkan gambar tiga orang mahasiswi, salah satunya mengenakan jilbab.

“Ketiganya benar-benar mahasiswi kami, bahkan mereka berprestasi. Kami tidak memakai model, penayangan
mahasiswi berjilbab itu menunjukkan bahwa kampus kami plural. Tidak sekadar marketing, ini benar-benar menampilkan kehidupan sehari-hari di kampus,” ucap Henry.

Dikatakan, materi promosi itu sudah melalui proses ketelitian dan tidak ada unsur paksaan dari pihak kampus. Bahkan, penayangan mahasiswi berjilbab tersebut merupakan simbol tidak adanya diskriminasi.

“Banyak mahasiswa dari berbagai macam agama di sini, bahkan mahasiswa Muslim di UKDW ada sekitar 7 persen dari jumlah 3.800 mahasiswa,” ujarnya.

(bens – sisidunia.com)