Home » News » ISIS Melebarkan Sayap Di Asia Tenggara

ISIS Melebarkan Sayap Di Asia Tenggara



Jakarta – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyatakan kelompok teroris ISIS berencana membangun markas di Filipina Selatan. Indonesia harus mewaspadai hal tersebut.

ISIS Melebarkan Sayap Di Asia Tenggara

“Saya baru dari Filipina kemarin, saya sudah bilang dari enam bulan lalu itu, (teroris) akan membesar. Itu harus diwaspadai,” kata Ryamizard di Jakarta, Jumat (9/12/2016).

Baca juga : Jumlah Tentara Irak Yang Tewas Ditangan ISIS Mencapai Ribuan

Dia mengatakan rencana pembangunan markas ISIS di Filipina harus diantisipasi karena kegiatan kelompok radikal ini dapat berdampak bagi ketertiban kawasan dan keamanan nasional Indonesia.

Potensi ancaman yang dapat mengancam persatuan, kesatuan dan keutuhan bangsa Indonesia tidak hanya dapat berasal dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri.

Untuk itu, rakyat Indonesia harus bersama-sama memerangi setiap ancaman terhadap bangsa seperti terorisme yang harus diperangi baik oleh negara maupun dengan kerja sama antarnegara.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan kelompok teroris ISIS mulai membangun basis kekuatannya di Asia Tenggara. ISIS menjadikan wilayah Filipina Selatan sebagai basis.

Hal ini diungkapkan Gatot ketika memberikan sambutannya dalam acara Seminar Nasional Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) tentang Antisipasi Perkembangan Ancaman Terorisme. (bens – sisidunia.com)