Home » News » Simak Penjelasan BMKG Terkait Gempa Aceh 7 Desember

Simak Penjelasan BMKG Terkait Gempa Aceh 7 Desember



Jakarta – Wilayah Kabupaten Pidie Jaya, Provinsi Aceh, diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (7/12/2016). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menganalisis bahwa gempa bumi terjadi pukul 05.03 WIB berkekuatan 6,5 SR.

Simak Penjelasan BMKG Terkait Gempa Aceh 7 Desember

Pusat gempa bumi terletak pada 5,25 LU dan 96,24 BT, tepatnya di darat pada jarak 106 km arah tenggara Kota Banda Aceh pada kedalaman 15 km.

Baca juga : Gempa Aceh 7 Desember : Cut Meyriska Ikut Panik Dengan Kondisi Keluarga

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Mochammad Riyadi mengatakan, hasil analisis peta tingkat guncangan menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan kuat terjadi di daerah Busugan, Meukobrawang, Pangwabaroh, Meukopuue, Tanjong, Meukorumpuet, Panteraja, Angkieng, dan Pohroh pada skala intensitas III SIG-BMKG (VI MMI).

Seluruh wilayah ini diperkirakan berpotensi mengalami dampak gempa bumi berupa kerusakan ringan seperti retak dinding dan atap rumah bergeser.

“Ini sesuai laporan sementara dari zona gempa bumi bahwa gempa bumi ini memang menimbulkan kerusakan di berbagai tempa,” ujar Riyadi dalam keterangan tertulis, Rabu (7/12/2016).

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. (bens – sisidunia.com)