Home » News » Jaringan Listrik Yang Rusak Parah Akibat Gempa Mulai Diperbaiki PLN

Jaringan Listrik Yang Rusak Parah Akibat Gempa Mulai Diperbaiki PLN



Jakarta – Akibat gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter di wilayah terdampak bencana, tim reaksi cepat PT PLN Wilayah Aceh sedang memperbaiki jaringan listrik yang mengalami kerusakan parah.

Jaringan Listrik Yang Rusak Parah Akibat Gempa Mulai Diperbaiki PLN

Deputi Manajer Hukum dan Humas PLN Aceh, T. Bahrul Khalid, menyatakan gempa telah merusak jaringan listrik di Kabupaten Pidie Jaya dan sebagian Kabupaten Bireuen, serta Kabupaten Pidie.

Baca juga : Pengajar di Pesantren Dilaporkan Menjadi Korban Gempa di Aceh

Tim reaksi cepat, ujarnya, tengah melakukan perbaikan di daerah Meureudu, ibu kota Kabupaten Pidie Jaya dan Samalang, Kabupaten Bireuen.

Gempa menyebabkan aliran listrik untuk puluhan ribu pelanggan terputus, yakni 750 pelanggan di Rayon Samalanga, 36.000 pelanggan di Meureudu, 4.000 pelanggan di Beureunuen, Kabupaten Pidie.

Sementara, Saluran Udara Tegangan Menengah (SUTM) yang rusak di Samalanga sebanyak 500 kilometer sirkit (kms), Meureudu dan Beureunuen 25 kms.

Tiga tiang jaringan tegangan menengah (TM) di Samalanga roboh, 25 di Beureunuen, dan 20 di Meureudu. Sedangkan tiang tegangan rendah (TR) yang roboh di Samalanga sebanyak 10 tiang, 30 di Meureudu, dan 20 di Beureunuen.

Tak hanya itu 84 unit trafo juga roboh di Samalanga, Beureunuen, dan Meureudu. Beban tidak tersalur di Samalanga 500 kw, Beureunuen dan Meureudu 6 mw.

“Kita berharap tim bekerja cepat, sehingga pada malam hari warga bisa terlayani aliran listrik,” kata Bahrul.

(bens – sisidunia.com)