Home » Travel & Kuliner » Resep Roti Canai Malaysia

Resep Roti Canai Malaysia



Jakarta – Bosan makan roti yang cita rasanya itu-itu saja? Coba roti canai, yuk. Roti canai dikenal juga dengan nama roti cane, roti maryam, atau roti prata. Biasa disajikan dan disantap bersama kari.

Resep Roti Canai Malaysia

Mendengar nama roti canai, umumnya orang akan langsung teringat negara India. Ya, roti yang satu ini memang salah satu sajian kuliner khas negara India.

Namun, makanan ini juga banyak dan mudah ditemukan di negara-negara Asia lainnya, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura.

Sebelum membelinya, lebih baik Anda coba dulu membuatnya sendiri. Berikut ini resep roti canai khas Malaysia untuk Anda.

Bahan:

300 gr tepung terigu
1 butir telur ayam
50 ml minyak goreng
150 ml air hangat
1 sdm susu bubuk
1 sdt gula halus
1/2 sdt garam
Margarin secukupnya
Minyak goreng secukupnya untuk merendam adonan

Cara membuat:

– Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk hingga rata. Tambahkan tepung terigu, garam, gula halus, dan susu bubuk. Uleni dan banting-banting adonan hingga kalis dan tidak lengket.

– Bulatkan adonan sesuai dengan ukuran yang diinginkan, lalu rendam adonan dalam minyak goreng. Tutup wadah dengan kain bersih, diamkan selama 1-2 jam.

– Setelah adonan direndam, pipihkan hingga benar-benar tipis, lalu oleskan mentega hingga merata. Gulung adonan, tarik-tarik agar adonan menjadi lebih panjang.

– Gulung adonan dengan arah yang berlawanan hingga membentuk seperti huruf S, lalu satukan atau tumpuk adonan.

– Pipihkan adonan hingga melebar sambil ditarik-tarik karena adonan agak lengket. Ulangi langkah ini hingga 4-7 kali.

– Goreng di atas wajan tanpa minyak hingga berubah warna kecokelatan, roti canai siap disajikan.

Baca juga : Resep Roti Spesial Prancis Croissant

Porsi: 20 orang (Muspri-sisidunia.com)