Home » Sport » Berita Bola : Wasit Indonesia VS Vietnam Dianggap Merugikan Indonesia, Ini Pendapat Riedl

Berita Bola : Wasit Indonesia VS Vietnam Dianggap Merugikan Indonesia, Ini Pendapat Riedl



Bogor – Pelatih tim nasional (timnas) Indonesia, Alfred Riedl, enggan mengomentari kinerja wasit Jarred Gillett, yang memimpin laga kontra Vietnam di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016).

Berita Bola : Wasit Indonesia VS Vietnam Dianggap Merugikan Indonesia, Ini Pendapat Riedl

Laga semifinal pertama Piala AFF 2016 itu dimenangi Indonesia dengan skor 2-1. Dua gol pasukan Riedl tercipta berkat tandukan Hansamu Yama dan penalti Boaz Solossa, sedangkan Vietnam membalas lewat penalti Nguyen Van Quyet.

Indonesia dianggap dirugikan oleh sejumlah keputusan wasit. Pertama, Gillett cuma mengganjar Nguyen Trong Hoang dengan kartu kuning pada menit ke-27. Padahal, pemilik nama terakhir menjegal Manahati Lestusen dengan sangat keras.

Penalti untuk Vietnam pada menit ke-17 juga agak dipertanyakan. Hukuman ini dipicu oleh aksi Benny Wahyudi, yang dianggap menyentuh bola dengan tangan.

Hanya, Riedl merasa pandangannya dari bangku cadangan kurang jelas sehingga tidak berani memberikan penilaian terhadap wasit.

“Saya tidak bisa berbicara banyak tentang wasit. Sulit untuk menilai mereka dari jarak antara 60 sampai 70 meter. Oleh karenanya, saya ingin melihat video terlebih dahulu,” ucap Riedl.

Indonesia tidak melulu dirugikan. Tim Garuda bahkan juga mendapatkan penalti berkat penetrasi Stefano Lilipaly pada menit ke-50. Putusan ini juga diprotes pemain Vietnam.

Boaz Solossa mengeksekusi bola dengan tendangan keras ke pojok atas gawang Vietnam. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Indonesia dan bertahan hingga peluit panjang.

Akan tetapi, Riedl punya pendapat berbeda. Menurut pelatih asal Austria itu, gol kedua tidak lepas dari revisi taktik setelah jeda.

Baca juga : Semifinal Piala AFF 2016 : Main Di Kandang Sendiri, Indonesia Harus Menang

“Kami coba meningkatkan tekanan. Hasilnya bagus pada 20 menit pertama babak medua. Ada sejumlah peluang yang kami dapatkan,” tutur Riedl.

Indonesia akan melakoni partai kedua di kandang Vietnam, Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016). Untuk lolos ke final, Boaz cs harus meraih hasil imbang hasil imbang di pertandingan kedua. Kekalahan juga bisa ditoleransi, asalkan dengan selisih satu gol dan Indonesia juga mencetak gol tandang.
(Muspri-sisidunia.com)