Home » News » Bea Cukai Berhasil Tangkap Penyelundupan Bawang Merah Dan Ganja

Bea Cukai Berhasil Tangkap Penyelundupan Bawang Merah Dan Ganja



Medan – Penyelundupan bawang merah seberat 50 ton tanpa dokumen digagalkan petugas Bea dan Cukai di Perairan Bagan Batak Asahan, Sumatera Utara (Sumut). Bawang merah tersebut dibawa dari Malaysia.

Bea Cukai Berhasil Tangkap Penyelundupan Bawang Merah Dan Ganja

Kasi Penindakan dan Penyidikan KPPBC Tipe Madya Pabean C Teluk Nibung, M Firdaus mengatakan, penyelundupan bawang merah itu digagalkan pada Sabtu (3/12/2016) sekitar pukul 22.30 WIB.

Baca juga : Menyimpan Sabu Di Selangkangan, Dua Warga Jawa Barat Ditangkap

“Mulanya kita melakukan patroli laut, kemudian mendapati kapal yang mencurigakan seterusnya kita dekati,” kata Firdaus, Minggu (4/12/2016).

Saat didekati, kapal tersebut diketahui Kapal Motor Kurnia Semoga Abadi. Kapal itu bermuatan bawang merah yang beratnya mencapai 50 ton. Dalam pemeriksaan, bawang tersebut tidak dilengkapi dokumen.

“Bawang itu asal Malaysia dan rencananya akan diedarkan di Tanjungbalai. Saat dilakukan penindakan, tekong dan ABK-nya melompat ke laut dan kabur. Saat ini sudah di bawa ke Pelabuhan Belawan,” ujar Firdaus.

Sementara itu, petugas lainnya yang melakukan patroli di Perairan Tanjung Jumpul, Asahan mendapati sampan nelayan tanpa nama yang mencurigakan. Kemudian petugas memeriksa sampan itu.

“Petugas melakukan pemeriksaan badan terhadap seseorang yang di sampan itu yang berinisial SP, warga Tanjungbalai,” terangnya.

Saat diperiksa, petugas menemukan 8 bungkus kecil yang berisi ganja. Terkait hal tersebut, petugas Bea Cukai berkoordinasi dengan pihak Polres Tanjungbalai.

“Kita koordinasi dengan pihak kepolisian untuk proses lebih lanjut terkait temuan ganja itu,” tutup Firdaus.

(bens – sisidunia.com)