Home » Travel & Kuliner » Mehamat Br Karo Sekali Belajar Aksara Batak Secara Otodidak

Mehamat Br Karo Sekali Belajar Aksara Batak Secara Otodidak



Jakarta – Di tengah senyapnya ruang koleksi Museum Negeri Sumatera Utara, Mehamat Br Karo Sekali (51) tampak serius memandangi naskah kuno sembari sesekali mengetik di komputer jinjing miliknya.

Mehamat Br Karo Sekali Belajar Aksara Batak Secara Otodidak

Sama seperti hari-hari lain, ia sibuk dan asyik sendiri menerjemahkan serta mengalihaksarakan naskah kuno beraksara Batak ke aksara Latin berbahasa Indonesia.

Mehamat menuturkan, ia sejatinya tidak memiliki latar belakang keilmuan yang memadai dalam sastra Batak. Saat kuliah di Universitas Sumatera Utara, ibu dua anak itu merupakan lulusan Sastra Melayu. Namun, karena kecintaannya pada budaya luhur dan adat istiadat Batak, ia menekuni sastra Batak secara otodidak. Kini, ia mencurahkan tenaga, waktu, dan seluruh hidupnya untuk sastra Batak.

Mehamat mengatakan, tidak mudah mengalihaksarakan dan menerjemahkan naskah-naskah kuno Batak. Pasalnya, naskah-naskah itu tidak mencantumkan penulis dan tahun pembuatannya. Akibatnya, ia kesulitan mengetahui konteks tulisan dalam naskah.

Baca juga : Pejuang Alih Aksara Batak Bernama Mehamat Br Karo Sekali

Namun, hal itu sama sekali tidak menyurutkan semangatnya untuk menerjemahkan aksara Batak. Mehamat terus berupaya agar aksara Batak dapat dipahami dan dimengerti oleh orang-orang Batak di zaman modern saat ini.

“Banyak ajaran penting dan berguna (dalam naskah kuno) yang bisa diterapkan dalam kehidupan saat ini. Sayang kalau petuah-petuah tersebut hanya dibiarkan begitu saja. Kerja saya hari ini merupakan upaya untuk menyampaikan ajaran nenek moyang kami kepada generasi saat ini,” tuturnya.
(Muspri-sisidunia.com)