Home » News » Pimpinan DPR Bertambah Jadi 5 Orang, PAN : Tak Masalah Dan Akan Bisa Diterima

Pimpinan DPR Bertambah Jadi 5 Orang, PAN : Tak Masalah Dan Akan Bisa Diterima



Jakarta – Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan menilai, usulan PDI-P untuk menambahkan satu kursi Pimpinan DPR tak masalah jika alasannya rasional. Usulan itu diajukan agar dimasukkan dalam revisi Undang-undang (RUU) nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3)

Pimpinan DPR Bertambah Jadi 5 Orang, PAN : Tak Masalah Dan Akan Bisa Diterima

Menurut Zulkifli, usulan ini akan bisa diterima karena penambahan kursi Pimpinan DPR bertujuan untuk memperkuat kinerja DPR.

“Selama alasan penambahan kursi Pimpinan DPR rasional, benar, saya kira tidak ada masalah. Asal dijalankan dengan baik, tidak berkelahi, tidak berebut,” ujar Zulkifli, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (1/12/2016).

Zulkifli mengatakan, pada periode-periode terdahulu, pimpinan DPR bahkan berjumlah 9 orang.

“Jadi tidak masalah juga kalau ada penambahan dan memang tujuannya untuk penguatan legislatif. Masyarakat pastinya kan juga sepakat kalau penambahan kursi Pimpinan DPR supaya kinerja legislatif yang menyuarakan aspirasi rakyat semakin kuat,” papar Ketua MPR ini.

Sebelumnya, Juru Bicara Fraksi PDI Perjuangan Aria Bima mengatakan, selaku partai dan fraksi terbesar di parlemen, PDI-P berharap direpresentasikan juga pada komposisi pimpinan DPR. Hal itu disampaikan dalam sesi penyampaian sikap di rapat paripurna terkait pergantian pimpinan DPR dari Ade Komarudin kepada Setya Novanto.

Baca juga : Tingkat Kehadiran Anggota Dewan Makin Rendah, Ketua DPR Gelisah

“Saya kira perlu ada asas keadilan, teman-teman PDI-P saya kira layak, pantas untuk menambah satu pimpinan DPR,” kata Zulkifli.

“Bahkan di Rapat Paripurna kemarin (30/11/2016) kan sudah ada yang mengusulkan, kami setuju untuk dukung PDIP dapat satu Pimpinan DPR,” ujarnya.
(Muspri-sisidunia.com)