Home » News » Menteri Susi Merasa Terharu Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa

Menteri Susi Merasa Terharu Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa



Jakarta – Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, mengaku tersanjung dengan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa yang disematkan kepadanya tersebut.

Menteri Susi Merasa Terharu Mendapat Gelar Doktor Honoris Causa

“Saya merasa antara terharu, terhormat, tersanjung, tetapi juga tetap punya pertanyaan apakah saya pantas mendapatkannya,” kata Susi saat mempersiapkan penganugerahan gelar di Kampus Undip, Semarang, Jumat (2/12/2016).

Baca juga : Penggunaan Cantrang Oleh Nelayan Tak Lagi Diijinkan di 2017

Ia mengaku tak jumawa akan gelar tertinggi itu. Sebab, selama puluhan tahun dia selalu fokus bekerja semaksimal mungkin untuk negeri ini. “Sebagai doktor atau tidak saya tetap sebagai Susi. Kebijakan saya tetap kebijakan yang benar dan betul serta memberikan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar dia.

Penganugerahan gelar Doktor Honoris Causa untuk Susi akan dilaksanakan pada Sabtu, 3 Desember 2016 di Gedung Prof Soedharto Undip, Semarang.

Sebelum Susi meraih gelar itu, Undip sendiri selama setahun terakhir telah melakukan uji kompetensi terkait kapasitas intelektualnya sebagai tokoh yang pantas menerima gelar Doktor Honoris Causa.

Rektor Undip Prof Yos Johan Utama mengatakan, pemberian gelar kepada Menteri Susi juga dilihat dari sudut pandang sosoknya yang selama ini sangat fenomenal di bidang maritim. Pihaknya menganggap kebijakan yang ditorehkan Susi selama ini tercatat sesuai dengan tindakan ilmiah.

“Dalam dua tahun terakhir pemberantasan illegal fishing oleh Menteri Susi telah menumbuhkan efek jera,” katanya.

Yos mengaku institusinya telah mempertimbangkan hal itu dengan matang terkait latar belakang pendidikan Susi yang merupakan lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Apalagi Menteri Susi memiliki lisensi telah terakreditasi dari Badan Nasional Profesi dengan ranking sembilan. (bens – sisidunia.com)