sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Hubungan Sesama Jenis Mendominasi Penularan AIDS di Tangerang

Hubungan Sesama Jenis Mendominasi Penularan AIDS di Tangerang



Tangerang – Dulu, penggunaan jarum suntik untuk narkotika menjadi cara penularan HIV/AIDS. Namun, kini, di Tangerang, Banten, penularan virus itu bergeser: perilaku hubungan seks sesama jenis.

Hubungan Sesama Jenis Mendominasi Penularan AIDS di Tangerang

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi mengatakan, pergeseran penularan itu terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Justru, orang hidup dengan HIV/AIDS yang tertular dari penggunaan jarum suntik lebih sedikit.

“Belakangan ini yang banyak kami temukan penularan melalui perilaku lelaki suka (berhubungan intim) pada lelaki dan wanita tuna susila (WTS). Penularan melalui penggunaan jarum suntik narkotika sedikit,” ungkap Liza di ruang kerjanya di Tangerang, Rabu (30/11/2016).

Liza mengatakan jumlah ODHA di Tangerang sebanyak 1.049 orang. Data itu dikumpulkan mulai 2004 hingga 2016.

“Kalau untuk tahun 2016, kami mendata 43 kasus,” ujar Liza.

Liza mengatakan Dinas Kesehatan terus menyosialisasikan bahaya HIV dan AIDS. Dinas melibatkan mahasiswa dan bidan meneruskan sosialisasi itu ke masyarakat.

Misalnya, bidan menyarankan perempuan hamil memeriksan darah. Itu untuk memastikan perempuan tersebut bebas dari virus mematikan itu.

“Andaikan virus itu terdeteksi, tim medis akan melakukan cara agar virus tak menular pada bayi dalam kandungannya,” kata Liza.

Selain itu, Dinas juga mengembangkan layanan komperhensif berkelanjutan (LKB) di 9 Puskesmas dan 17 Puskesmas. Salah satu layanan yaitu pendeteksian HIV.

Sebanyak 72 persen dari 4,695 penderita HIV merupakan kaum pria. Mayoritas didominasi penderita berusia 25 sampai 49 tahun.

Baca juga : FPI Pergoki Pesta Yang Digelar Oleh Para Penyuka Sesama Jenis

Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti mengatakan, pada tahun 2015, pria penderita HIV dari umur 5 hingga 14 tahun hanya 20 orang. Lalu penderita dari usia 15 hingga 19 tahun sebanyak 81 orang, dan penderita dari 20 hingga 24 tahun sebesar 673 pria.
(Muspri-sisidunia.com)