sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Mayoritas Pemilih Perempuan Menjatuhkan Pilihannya Ke Agus

Mayoritas Pemilih Perempuan Menjatuhkan Pilihannya Ke Agus



Jakarta – Pemilih perempuan cenderung tertarik dengan pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni. Sedangkan pemilih pria lebih memilih Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat.

Mayoritas Pemilih Perempuan Menjatuhkan Pilihannya Ke Agus

Hal itu diketahui dari hasil survei Charta Politika terhadap tiga pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur DKI Jakarta, yakni Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat, dan Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya mengatakan sebanyak 32,3 persen perempuan cenderung memilih Agus-Sylvi dan ada 30,2 persen pria memilih Ahok-Djarot.

Yunarto menyebut Agus-Sylvi unggul pada kategori usia 30-39 tahun, Ahok-Djarot kategori usia 20-29 tahun, dan Anies-Sandiaga unggul pada kategori pemilih pemula dan rentang usia 40-49 tahun dan 50 tahun ke atas.

“Dari segmen pekerjaan, kaum profesional cenderung memilih Agus-Sylvi sebanyak 42,9 persen, mahasiswa atau pelajar condong ke Ahok-Djarot sekitar 41,3 persen, dan pekerja buruh memilih Anies-Sandi 37,5 persen. Profesi atau pekerja lain rata-rata seimbang,” kata Yunarto di kantor Charta Politika, Jakarta Selatan, Selasa (29/11/2016).

Yunarto menambahkan, mereka yang memilih Agus-Sylvi rata-rata menilai pasangan nomor urut 1 itu sosok yang tegas, tampan, dan berwibawa. Hanya, Agus dinilai belum berpengalaman dan belum terbukti.

Sedangkan opini terhadap Ahok-Djarot, pasangan nomor urut 2 ini dianggap tegas dan hasil kerjanya nyata. Faktor yang membuat responden tak memilih keduanya karena Ahok dianggap kasar dan berbeda agama.

Baca juga : Survey Poltracking, Agus Lagi-lagi Pecundangi Elektabilitas Ahok

“Anies dipilih karena ramah, baik, tegas, dan pintar. Sedangkan, Anies tidak dipilih karena dinilai belum berpengalaman dan tidak dikenal,” jelas Yunarto.

Survei Charta Politika pada 17-24 November, melalui wawancara tatap muka dan kuesioner dengan melibatkan 733 dari 800 target responden.

Survei di lima kota madya Jakarta dan Kepulauan Seribu melalui metode multistage random sampling. Margin of error hasil survei lebih kurang 3,5 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.
(Muspri-sisidunia.com)