sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Mulai Terurus, Pengungsi Rohingnya Akan Dikirim Ke Sejumlah Negara Termasuk AS

Mulai Terurus, Pengungsi Rohingnya Akan Dikirim Ke Sejumlah Negara Termasuk AS



Aceh – Setelah lebih dari setahun ditampung di Provinsi Aceh, para pengungsi etnis Rohingya akan dibawa ke Medan, Sumatera Utara. Di sana mereka akan mengikuti proses persiapan untuk menetap di sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat.

Mulai Terurus, Pengungsi Rohingnya Akan Dikirim Ke Sejumlah Negara Termasuk AS

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Langsa, Fauzi Yusuf, mengatakan terdapat 35 orang etnis Rohingya yang menempati rumah penampungan di Bayeun, Kabupaten Aceh Timur. Sebanyak 25 orang etnis Rohingya lainnya ditampung di Blang Adoe, Kabupaten Aceh Utara.

Total sebanyak 60 orang akan dipindahkan ke Medan, menyusul 77 pengungsi Rohingya yang telah lebih dulu dibawa ke Medan dari Kota Langsa pada Juli 2016 lalu oleh Organisasi Migran Internasional (IOM) dan badan PBB yang mengurus pengungsi (UNHCR).

“Mereka akan menjalani verifikasi dan persyaratan lainnya sebelum mereka diterbangkan ke negara ketiga,” sebut Usman A Rahman, Asisten II Pemerintah Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Ada sejumlah negara ketiga yang bersedia menampung para pengungsi Rohingya, namun Usman hanya bisa menyebut Amerika Serikat sebagai salah satu tujuan.

“Karena itu wewenang IOM dan UNHCR yang memfasilitasi pemindahan manusia perahu tersebut,” ujar Usman kepada wartawan.

Lantaran para pengungsi Rohingya dipindahkan ke Medan, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Langsa, Fauzi Yusuf, mengatakan semua tempat penampungan mereka di Aceh akan dikosongkan.

“Sebelum berakhir tahun 2016, semua tempat penampungan Rohingya di Aceh akan dikosongkan, baik itu di Aceh Utara, Aceh Timur, maupun Kota Langsa,” ujar Fauzi.

Baca juga : Sambil Melakukan Diplomasi Dengan Myanmar, Menlu Indonesia Terus Pantau Rohingnya Dari Dekat

Proses pemindahan, menurut Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan (Wasdakim) Imigrasi Kelas IIA Lhokseumawe, Alberts Djalius, akan dilakukan secara bertahap.

“Pemindahan etnis Rohingya ke Sumatera Utara bisa dilakukan setelah Pemerintah Kota Medan bersedia menampung pengungsi Rohingya tersebut selama enam bulan hingga proses verifikasi selesai dilakukan oleh perwakilan pemerintah masing-masing negara yang bersedia menerima manusia perahu tersebut,” ungkap Albert.
(Muspri-sisidunia.com)