sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Berkas Telah Dilimpahkan Ke Kejaksaan, Pihak Kejaksaan : Akan Melakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Berkas Telah Dilimpahkan Ke Kejaksaan, Pihak Kejaksaan : Akan Melakukan Penelitian Terlebih Dahulu



Jakarta – Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri telah melakukan pelimpahan tahap pertama berkas kasus dugaan penistaan agama dengan tersangka Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kepada Kejaksaan Agung, Jumat, 25 November 2016.

Berkas Telah Dilimpahkan Ke Kejaksaan, Pihak Kejaksaan : Akan Melakukan Penelitian Terlebih Dahulu

Jaksa Agung Muda Pidana Umum, Noor Rachmad, mengatakan Jaksa akan melakukan penelitian terlebih dahulu terhadap berkas kasus itu. Dia menyebut, dalam kurun waktu paling lama dua minggu sudah selesai dilakukan penelitian berkas kasus itu.

“Saya bilang dua minggu itu untuk penelitian berkas perkara,” kata Jampidum Noor Rachmad di Kejaksaan Agung, Jakarta.

Berkas kasus itu selanjutnya akan diteliti terlebih dahulu oleh jaksa penuntut umum, apakah berkas hasil penyidikan oleh penyidik itu sudah lengkap atau tidak. Jika berkas itu belum lengkap, dalam kurun waktu 14 hari, penuntut umum akan mengembalikan berkas itu kepada penyidik untuk dilengkapi. Noor menyatakan, Jaksa akan meneliti mulai dari kelengkapan formil dan materil dari berkas tersebut.

“Ini kan mau dilihat kelengkapan formal, materialnya bagaimana. Sprindiknya jelas enggak, perbuatan ini, saksi, ahlinya siapa, pasalnya apa. Kalau memang hasil penyelidikan itu, alat buktinya jelas, itu yang kami sikapi,” ujarnya.

Seperti diketahui, jajaran penyidik Bareskrim Polri menyerahkan tiga bundel berkas perkara kasus penistaan agama dengan tersangka Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Baca juga : Curiga Ada Agenda Lain Dalam Demo 2 Desember, Kapolri Minta Penjelasan Tokoh Masyarakat

Berkas tersebut langsung diserahkan secara langsung dari Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Brigjen Pol Agus Andrianto kepada Ketua Jaksa Peneliti Berkas Perkara itu, Ali Mukartono di Kejaksaan Agung, Jakarta, Jumat, 25 November 2016.
(Muspri-sisidunia.com)