sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Operasi Zebra 2016, Tak Ada Lagi Uang Damai Untuk Polisi

Operasi Zebra 2016, Tak Ada Lagi Uang Damai Untuk Polisi



Jakarta – Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) yang diterapkan Presiden Joko Widodo ternyata sangat terkenal hingga jajaran kepolisian. Hasilnya, para petugas kini tak lagi mau menerima uang damai dari pelanggar lalu lintas.

Operasi Zebra 2016, Tak Ada Lagi Uang Damai Untuk Polisi

Kejadian ini dialami oleh AN, warga Tangsel, Rabu (23/11/2016). Dia terjaring Operasi Zebra akibat melanggar marka jalan di Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR), tepatnya di kawasan Kampung Rambutan, Jakarta Timur.

Baca juga : Digelar Hari Ini, Operasi Zebra 2016 Masuk Google Trends

“Kejadiannya Sabtu (19/11/2016) sore, saya tergiring mobil lain ke arah keluar tol, setelah mendapat kesempatan langsung ke kanan. Ternyata di depan ada polisi dan langsung menghentikan mobil saya,” ujarnya

Setelah kendaraan AN berhenti, kemudian polisi meminta menunjukkan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) miliknya. Setelah itu, petugas berpangkat Aiptu tersebut menyampaikan bentuk pelanggaran serta pasal yang dilanggarnya.

“Lalu saya tawarkan ke dia untuk menitipkan uang tilang,” ucapnya singkat.

Tawaran itu langsung ditampik petugas. Dia menjelaskan SOP yang wajib dijalankan aparat ketika menindak pelanggar, di mana dalam aturannya setiap personel dilarang menerima uang.

“Dia bilang ke saya, ‘saya bisa laporkan bapak dan masukkan bapak ke tahanan’, akhirnya saya minta tilang saja,” lanjutnya.

Tanpa menunggu lama, polisi tersebut langsung menulis bukti pelanggaran atau disingkat tilang. Alhasil, AN wajib menjalani sidang yang akan dilaksanakan pada 2 Desember mendatang di Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

“15 Tahun saya di Jakarta, baru sekali mengalami kondisi seperti ini,” puji AN.

Diberitakan sebelumnya, Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar Operasi Zebra secara serentak di seluruh Indonesia. Operasi ini digelar sejak 16 sampai 29 November mendatang. (bens – sisidunia.com)