sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Sport » Jumlah Penonton Menurun, Malaysia Takkan Gelar F1 Lagi Usai 2018

Jumlah Penonton Menurun, Malaysia Takkan Gelar F1 Lagi Usai 2018



Kuala Lumpur – Tahun 2018 akan menjadi yang terakhir kali Malaysia menggelar balapan Formula 1. Menteri pariwisata dan budaya Malaysia Nazri Abdul Aziz memastikannya.

Jumlah Penonton Menurun, Malaysia Takkan Gelar F1 Lagi Usai 2018

Sejak bulan lalu, masa depan GP Malaysia dipertanyakan. Pasalnya, selain biaya penyelenggaran yang sangat mahal, penjualan tiket pun menurun. Ditambah lagi adanya laporan bahwa jumlah penonton F1 di televisi pun mencapai titik terendah di sepanjang sejarah.

Belum lama ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin mengungkapkan bahwa negaranya lebih baik fokus saja dengan penyelenggaran MotoGP, yang selalu laris.

Malaysia selalu menjadi tuan rumah F1 sejak 1999. Aziz mengatakan, Malaysia tidak akan memperpanjang kontrak menyelenggarakan balapan ‘jet darat’.

“Kesepakatannya sekarang adalah dari 2016 sampai 2018. Jadi sekalinya berakhir, tidak akan ada lagi [F1],” kata Aziz kepada media-media setempat, yang dikutip Motorsport.com.

“Jumlah penonton F1 menurun dan sekarang hanya ada sedikit atraksi. Padahal kami menghabiskan RM 300 juta setahunnya [USD 97 juta dolar],” sambung dia.

“Biaya untuk menggelar F1 telah meningkat 10 kali lipat dibandingkan dari edisi pertama menggelarnya,” imbuh Aziz.

Dengan alasan yang sama, Singapura juga akan mengakhiri masa kontraknya menjadi tuan rumah pertandingan F1. Singapura mulai menjadi salah satu tuan rumah F1 sejak 2008 silam. Mereka langsung jadi perhatian dunia karena berani menggelar balapan di tengah jalan dan dilakukan pada malam hari. Singapura sudah memperpanjang kontrak untuk durasi lima tahun pada 2012 lalu. Itu artinya kontrak mereka saat ini akan habis pada 2017.

Baca juga : Sirkuit MotoGP di Palembang Dibangun di Sekitar Danau

Pada tahun pertama Singapura menggelar balapan F1, jumlah penonton yang datang per hari berjumlah 100.000 orang. Namun setekah itu jumlahnya terus menurun hingga akhirnya mencapai angka 73.000 orang per hari tahun ini – menurun dari tahun lalu yang mencapai 87.000 orang per hari.
(Muspri-sisidunia.com)