sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Techno » Hati-hati, Hindari Penggunaan Smartphone Saat Tidur

Hati-hati, Hindari Penggunaan Smartphone Saat Tidur



Jakarta – Jaman modern sekarang ini menggunakan smartphone sudah merupakan suatu kebutuhan sehari-hari. Waktu untuk menggunakan smartphone pun bisa dibilang selama 24 jam bahkan saat tidur di malam hari.

Hati-hati, Hindari Penggunaan Smartphone Saat Tidur

Namun rupanya penggunaan smartphone ketika hendak tidur dimalam hari dapat membawa dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Apa saja dampak tersebut ?

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal PLoS ONE mengukur durasi melihat layar smartphone dari ratusan peserta penelitian lebih dari satu bulan, serta waktu yang dihabiskan di atas tempat tidur dan waktu tidur.

Para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang menghabiskan lebih banyak waktu pada smartphone mereka, terutama selama jam tidur, mengalami waktu tidur yang lebih sedikit, tidur kurang efisien dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk terlelap dan tidur. Hal ini penting diteliti karena kurangnya waktu tidur sering dikaitkan dan bahkan menjadi faktor risiko untuk keadaan medis yang serius dan berpotensi fatal, seperti obesitas, diabetes, dan sakit jantung serta depresi klinis.

Baca juga : Gadget Dengan Label Thim Diklaim Mampu Bantu Penderita Insomnia

“Efek penyebab yang tetap mungkin terjadi adalah kurang tidur dapat meningkatkan waktu yang lebih lama untuk melihat ke layar gadget, bagaimanapun, paparan sinar dari layar smartphone, khususnya pada saat sekitar waktu tidur dapat berdampak negatif pada waktu tidur,” ujar para ilmuwan dari kelompok Scientific American, seperti dilansir National Geographic.

“Jenis cahaya berwarna biru dari layar smartphone dapat memberikan efek negatif pada waktu tidur karena cahaya biru tersebut dapat mempengaruhi kadar hormon melatonin yang menginduksi tidur lebih banyak daripada gelombang lainnya,” jelas mereka lagi.
(Muspri-sisidunia.com)