sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Amien Rais Prihatin Sumber Saya Alam Indonesia Banyak Dinikmati Negara Lain

Amien Rais Prihatin Sumber Saya Alam Indonesia Banyak Dinikmati Negara Lain



Surabaya – Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Amien Rais mengatakan, bangsa Indonesia saat ini tidak memiliki rasa percaya diri. Terutama untuk mengelola sumber daya alamnya.

Amien Rais Prihatin Sumber Saya Alam Indonesia Banyak Dinikmati Negara Lain

Rasa tak percaya diri itu akhirnya membuat kekayaan alam yang ada di Indonesia justru dikuasai oleh asing.

“Padahal, kita itu tidak kalah dengan bangsa lainnya, dan kita merupakan bangsa terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Amerika Serikat,” kata Amien usai acara Tabligh Akbar Milad Muhammadiyah ke-107 di Graha ITS Surabaya, Minggu 20 November 2016.

Oleh karena itu, Amien meminta agar bangsa Indonesia mulai meningkatkan rasa percaya dirinya. Sehingga, kedepannya lebih mampu bersaing dengan bangsa lainnya.

“Kita selama ini hanya dapat ampasnya saja, sedangkan hasil sumber daya alamnya dinikmati oleh negara lain. Padahal, hal itu sama sekali tidak dikehendaki oleh Alquran,” ujar Amien.

Namun, setelah mampu mengelola kekayaan alam, maka seharusnya hasil pengelolaan itu didistribusikan secara adil kepada masyarakat. Dimana hal itu juga akan memicu tegaknya keadilan sosial, pendidikan, hukum, ekonomi, dan politik.

“Karena kalau tidak dibagikan secara adil, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang ­termehek-mehek. Padahal, ini bagian dari pengamalan Pancasila, yaitu sila kedua, dan kelima,” kata Amien.

Di Al-Quran, kata Amien, juga memuat ayat-ayat yang menyebutkan setiap bangsa harus bekerja keras. Dia berpendapat, selama ini bangsa Islam kurang bekerja keras.

Baca juga : Presiden Jokowi Sebut Ada Aktor Politik yang Tunggangi Demo Damai Berujung Rusuh 4 November. Siapakah Yang Dimaksud ?

“Ini yang ketiga. Kita sebagai bangsa yang besar harus bekerja keras. Kita harus menyadari hal ini. Bangsa-bangsa muslim itu memang kurang bekerja keras. Al-Quran isinya menyebutkan, kerja, kerja, kerja. Bangsa maju itu pekerjanya sampai ketagihan kerja, istilahnya Workaholic,” ujarnya.

Bangsa yang tidak bekerja keras, kata Amien Rais, menjadi bangsa yang kurang bersyukur. Tuhan telah memberikan nikmat yang begitu besar, namun nikmat ini ditolak.

“Begitu besar nikmat yang diberikan oleh Allah, namun digantikan sikap kufur. Dengan leyeh-leyeh (bermalas-malasan,red),” ujarnya.
(Muspri-sisidunia.com)