sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Masyarakat Diharap Tidak Terprovokasi, Kasus Hukum Ahok Tak Ada Hubungan Dengan Isu SARA

Masyarakat Diharap Tidak Terprovokasi, Kasus Hukum Ahok Tak Ada Hubungan Dengan Isu SARA



Jakarta – Kapolri Jenderal Tito Karnavian menegaskan bahwa kasus Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok merupakan kasus hukum, dan tidak melibatkan isu suku, agama dan ras.

Masyarakat Diharap Tidak Terprovokasi, Kasus Hukum Ahok Tak Ada Hubungan Dengan Isu SARA

Pernyataan itu disampaikan Tito setelah menemui Majelis Ulama Indonesia di Menteng, Jakarta Pusat, untuk memberikan penjelasan terkait hasil gelar perkara kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

“Kebetulan saja yang bersangkutan memiliki latar belakang dan etnis yang spesifik. Tapi ini jangan dibawa ke masalah Sara, apalagi dibawa ke isu kemajemukan, pluralisme, perpecahan dan lain-lain. Jangan!”, kata Tito Karnavian.

“Persoalan hukum, kita kembalikan ke masalah hukum. Karena penodaan agama bisa dilakukan juga oleh orang yang satu agama. Kebetulan saja ini (dilakukan oleh orang yang) berbeda agama”, tambah Tito.

“Masyarakat jangan sampai terbawa arus, terprovokasi -yang di Indonesia bagian timur, bagian barat- kita ikuti saja proses hukumnya. Jangan terbawa emosi ke masalah-masalah perbedaan suku, agama, ras dan lain-lain.”

Ketua MUI KH Ma’ruf Amin mengatakan bahwa dalam pernyataan pendapat keagamaan majelis ulama, kasus Ahok tidak ada kaitannya dengan agama dan etnis Ahok.

“Seperti ditegaskan Kapolri, itu adalah masalah hukum semata-mata,” kata Ma’ruf.

Tito juga menjelaskan bahwa kepolisian telah melakukan proses hukum yang sangat serius atas kasus Ahok. Bahkan Kapolri memberikan jaminan untuk itu hingga ke Kejaksaan.

“Sudah 69 saksi (diperiksa) yang dilakukan kurang dari satu bulan. Menurut ukuran kepolisian, itu termasuk sangat cepat”, kata Tito.

Baca juga : Presiden Jokowi Menegaskan Tidak Akan Melindungi Ahok Dari Proses Hukum

“Interview lanjutan akan diulang kembali menjadi berita acara pro justitia -demi hukum- termasuk langkah-langkah penyitaan resmi dengan permintaan ke pengadilan dan pemberitahuan ke kejaksaan akan segera kami tuntaskan.”

“Kami meyakinkan MUI bahwa proses hukum Saudara Basuki Tjahaja Purnama ini akan kami laksanakan dengan sangat serius.”

“Dan saya sebagai Kapolri, memberikan jaminan untuk itu, kita akan proses sampai dengan ke kejaksaan. Nanti kejaksaan yang akan meneruskan ke pengadilan.”
(Muspri-sisidunia.com)