sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » Ekonomi & Bisnis » Di Provinsi Ini Harga Cabai Terus Meroket, Kini Setara Harga Daging Sapi

Di Provinsi Ini Harga Cabai Terus Meroket, Kini Setara Harga Daging Sapi



Jambi – Harga cabai di sejumlah pasar di Provinsi Jambi selama dua bulan terakhir terus meroket. Terkini, harga cabai di daerah ini sudah setara harga daging sapi, yakni Rp 120 ribu per kilogram.

Di Provinsi Ini Harga Cabai Terus Meroket, Kini Setara Harga Daging Sapi

“Saya beli satu ons saja Rp 12 ribu,” ujar Ana, salah seorang ibu rumah tangga di Kota Bangko, ibu kota Kabupaten Merangin, Selasa (15/11/2016).

Menurut Ana, harga cabai di pasar Kota Bangko sudah mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Semakin siang harganya semakin mahal.

Jul (40), salah satu pedagang sayur di Pasar Kota Bangko, mengatakan selama dua bulan terakhir pasokan cabai berkurang. Cabai di Kota Bangko biasanya dipasok dari daerah tetangga, yakni Kabupaten Kerinci maupun dari luar provinsi seperti Lampung.

“Oktober kemarin, rata-rata harga cabai Rp 70 ribu sampai Rp 80 ribu per kilo. Kini makin langka, dalam hitungan jam saja bisa berubah,” tutur Jul.

Sementara itu, Kepala Seksi Bina Usaha dan Distribusi dan Perdagangan Dalam Negeri, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jambi, M Zaini mengakui harga cabai di sebagian besar wilayah Jambi tengah mengalami kenaikan signifikan.

“Bahkan, di Kabupaten Kerinci yang notabene penghasil sayuran harga cabai di sana juga naik,” kata Zaini.

Baca juga : Masuki Musim Penghujan, Harga Cabai Kembali Melesat

Menurut Zaini, naiknya harga cabai di Jambi dipicu langkanya pasokan dari daerah Jawa. “Pasokan macet karena hujan,” ucap dia.

Selain cabai merah, komoditi bahan pokok yang mengalami kenaikan di Jambi adalah daging ayam potong. Harga jual ayam potong di sejumlah pasar di Provinsi Jambi kini berkisar antara Rp 30-32 ribu per kilogram. Harga itu lebih mahal dari harga sebelumnya, yakni Rp 26 ribu per kilogram.
(Muspri-sisidunia.com)