sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ikon Gudeg Jogja Yu Djum Tutup Usia, Citarasa Gudeg Yu Djum Akan Tetap Lestari

Ikon Gudeg Jogja Yu Djum Tutup Usia, Citarasa Gudeg Yu Djum Akan Tetap Lestari



Yogyakarta – Kabar duka datang dari dunia kuliner Yogyakarta. Salah satu ikon gudeg Yogyakarta, Djuhariah atau yang lebih dikenal Yu Djum tutup usia, Senin (14/11/2016).

Ikon Gudeg Jogja Yu Djum Tutup Usia, Citarasa Gudeg Yu Djum Akan Tetap Lestari

Kabar duka ini dibenarkan oleh Ketua DPW Nasdem DIY Subardi yang merupakan besan Yu Djum. “Benar, Yu Djum telah meninggal tadi, sekitar Magrib,” jelasnya melalui sambungan telepon.

Saat dihubungi, politisi yang pernah menjadi anggota DPD RI tersebut baru menuju rumah duka, sehingga belum bisa memastikan waktu dan lokasi pemakaman Yu Djum.

Gudeg Yu Djum sendiri telah ada sejak sekitar 60 tahun yang lalu. Lezatnya gudeg kering racikan Yu Djum memang telah menjadi ikon Kota Yogyakarta. Makanya tidak heran jika banyak wisatawan yang berkunjung ke Yogya, kerap meluangkan waktu untuk menikmati Gudeg Yu Djum.

Terletak di Jalan Wijilan No 167 Selatan Plengkung Wijilan Yogyakarta, pengunjung bisa menikmati kelezatan gudeg di tempat makan yang nyaman dan bersih. Meski lokasi rumah makannya berada di daerah Wijilan, tetapi dapurnya berada di kawasan Jalan Kaliurang Km 4,5, CT 3, Nomor 12 A, Depok, Sleman.

Baca juga : Mendadak, Wagub Sulteng Sudarto Tutup Usia

Lokasi tersebut jadi satu dengan kediaman Eni Hartono selaku pemilik rumah makan Gudeg Yu Djum. Di tengah zaman yang telah modern dan serba praktis, Anda akan tetap menemukan dapur tradisional di dapur Yu Djum. Selain tetap mempertahankan cara memasaknya, Eni mengatakan dia selalu menggunakan bahan-bahan terbaik untuk menghasilkan gudeg dengan cita rasa yang nikmat.

Satu porsi Gudeg Yu Djum berisi nasi, gudeg plus areh kental, sambal krecek dan lauk. Lauknya bervariasi tergantung keinginan Anda. Selain bisa dinikmati di tempat, gudeg Yu Djum juga dapat Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk pengemasan, Anda dapat memilih dengan besek atau pun menggunakan kendil. Sebagai oleh-oleh gudeg ini mampu bertahan selama 24 jam tanpa dihangati.