sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » 7 Orang Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Ledakan Bom di Afghanistan

7 Orang Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Ledakan Bom di Afghanistan



Kandahar – Sebanyak tujuh warga sipil tewas akibat ledakan bom pinggir jalan di Provinsi Kandahar, Afghanistan Selatan, pada Rabu (9/11/2016), kata seorang juru bicara pemerintah provinsi.

7 Orang Warga Sipil Menjadi Korban Akibat Ledakan Bom di Afghanistan

“Satu mobil sedang yang melaju melindas bahan peldak rakitan di jalan di dekat satu desa di Kota Praja Mano, Kabupaten Shah Wali Kot, sekitar pukul 17.30 waktu setempat. Ledakan membuat semua tujuh orang di dalam kendaraan itu meninggal,” kata Juru Bicara Samim Khpalwak kepada Xinhua.

Di antara korban, yang baru pulang dari pesta perkawinan, adalah dua perempuan dan tiga anak kecil, kata Khpalwak, sebagaimana dilaporkan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Kamis pagi. Ia menambahkan kendaraan tersebut juga rusak akibat ledakan itu. Ia menuduh kelompok gerilyawan Taliban memasang bahan peledak rakitan tersebut di sepanjang jalan berdebu itu.

Sebelumnya, sebanyak 80 gerilyawan Taliban telah tewas saat serangan mereka terhadap Provinsi Ghazni di Afghanistan Timur dipatahkan, kata Gubernur Provinsi itu Abdul Karim Matin pada Rabu (7/9/2016).

Menurut Gubernur tersebut, ratusan petempur Taliban melancarkan serangan yang terkoordinasi pada Senin (5/9) untuk merebut Kabupaten Gero di provinsi itu, demikian laporan Xinhua –yang dipantau Antara di Jakarta, Rabu sore. Namun, pasukan keamanan mematahkan serangan tersebut dan gerilyawan Taliban mundur setelah kehilangan banyak rekan mereka. Sebanyak 80 gerilyawan tewas dan tak kurang dari 100 lagi cedera, tambah pejabat tersebut.

Lebih dari 2.560 warga sipil tewas dan lebih dari 5.830 orang lagi cedera selama sembilan bulan pertama tahun ini dalam peristiwa yang berkaitan dengan konflik di seluruh Afghanistan, demikian data terkini yang disiarkan oleh misi PBB di negeri tersebut. Bentrokan darat tetap menjadi penyebab utama banyaknya korban jiwa, lalu diikuti oleh serangan bunuh diri dan ledakan peledak rakitan.
(Muspri-sisidunia.com)