sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Pemerintah Tanggung Kepulangan Pendemo 4/11 Yang Kehabisan Ongkos

Pemerintah Tanggung Kepulangan Pendemo 4/11 Yang Kehabisan Ongkos



Jakarta – Kementerian Sosial (Kemsos) memulangkan peserta demonstrasi damai 4 November yang terpisah dari rombongan dan terlantar ke daerah asal mereka.

Pemerintah Tanggung Kepulangan Pendemo 4/11 Yang Kehabisan Ongkos

“Ya kemarin kita sudah menyisir mereka yang tertinggal dari rombongan. Memang tugas ini ditugaskan kepada Kemsos,” kata Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Jakarta, Minggu (6/11).

Menurut Mensos, ada empat rombongan dari daerah yang berbeda sudah dikoordinasikan oleh Kementerian Sosial untuk dipulangkan ke daerah masing-masing pada Sabtu (5/11).

Pantauan di sekitar Masjid Istiqlal pada Sabtu pagi masih terlihat sejumlah orang berpakaian putih dan berpeci yang kemungkinan besar adalah peserta aksi unjuk rasa pada Jumat (4/11), namun keberadaan mereka tidak menyebabkan kepadatan dan kemacetan lalu lintas disekitarnya.

Sebagian massa yang kemarin ikut demo 4 November dan masih berada di Masjid Istiqlal dikarenakan mereka belum bisa pulang. Mereka beralasan kehabisan ongkos dan ketinggalan rombongan. Kementrian Sosial bekerja sama dengan Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta pun membantu mereka untuk pulang ke kampung halamannya melalui jalur darat.

Petugas Kemsos Lenita mengatakan, Kemsos dan Dinsos DKI telah memulangkan 11 orang dengan bus di terminal terdekat menuju Tasikmalaya, Bandung, Cibinong, Garut, dan Aceh. Bagi yang menggunakan pesawat, hanya diantarkan ke Stasiun Gambir, untuk selanjutnya berangkat sendiri ke Bandara Soekarno-Hatta menggunakan bus Damri. Mereka juga mendapatkan uang untuk ongkos selama perjalanan. Menurutnya, sebagian orang yang tertinggal tersebut mengaku kehilangan dompet.

Sementara pada Sabtu siang tampak dua unit mobil Tim Reaksi Cepat Kementerian Sosial yang bagian bak terbukanya dipenuhi orang, melintas dari arah Masjid Istiqlal ke arah Pasar Baru.

Aksi lautan manusia berpakaian putih yang terjadi pada hari Jumat (4/11) kemarin itu berasal dari berbagai organisasi masyarakat, mahasiswa dan serikat pekerja dari Jakarta dan sekitarnya hingga luar pulau Jawa itu melumpuhkan kawasan sekitar Monumen Nasional. Sejumlah jalan ditutup total mulai dari Jalan MH Thamrin, Medan Merdeka Timur, Merdeka Utara, Merdeka Barat dan sebagian Medan Merdeka Selatan dan kawasan Tugu Tani.
(Muspri-sisidunia.com)