sisidunia

Selamat Datang di Portal Berita Www.SisiDunia.Com

 

Saran dan masukan dari Anda sangat kami harapkan guna membangun sebuah portal berita yang bisa memberikan informasi untuk pengetahuan Anda.

 

 Admin,

 www.sisidunia.com

Home » News » Ibu Negara Korea Utara Sudah 7 Bulan Tak Terlihat Di Depan Publik

Ibu Negara Korea Utara Sudah 7 Bulan Tak Terlihat Di Depan Publik



Seoul – Ibu negara Korea Utara, Ri Sol-ju, sudah tujuh bulan tak kelihatan di depan publik. Sehingga muncul beragam spekulasi terhadap keberadaan istri diktator Kim Jong-un ini.

Ibu Negara Korea Utara Sudah 7 Bulan Tak Terlihat Di Depan Publik

Ada kekhawatiran bahwa ia telah disingkirkan oleh suaminya. Namun ada pula yang menduga perempuan itu tak tampil lantaran bersembunyi karena tengah hamil dan melahirkan anak Jong-un. Para ahli yang memantau situasi di Pyongyang menyebut Ri Sol-ju mungkin sedang bertengkar dengan adik perempuan Jong-un, Kim Yo-jong.

Maklum, Yo-jong telah diketahui secara luas sebagai kekuatan yang terus berkembang di balik takhta dalam beberapa bulan terakhir. Yo-jong ditempatkan di Departemen Propaganda dan Agitasi Korea Utara tahun lalu. Ini berarti dia bertanggung jawab menjaga kakaknya tetap dalam lingkar kekuasaan.

Menurut kantor berita Korea Selatan, Yonhap News, Ri –yang pertama kali diperkenalkan sebagai Ibu Negara pada tahun 2012– terakhir terlihat saat melakukan tur di kompleks kesehatan dan distrik komersial baru di Pyongyang pada 28 Maret lalu.

Seorang profesor di Universitas Waseda Tokyo, Toshimitsu Shigemura –yang fokus mempelajari kepemimpinan Pyongyang, mengatakan kepada The Telegraph bahwa hilangnya Ri bisa jadi karena beberapa alasan ‘termasuk dia hamil atau ada semacam masalah antara mereka berdua’.

“Ada kemungkinan bahwa Ri belum muncul di depan publik karena ia sedang dijaga ketat,” kata Shigemura.

Ketika Ri menghilang dari pandangan publik pada tahun 2012, spekulasi serupa juga muncul. Namun spekulasi itu buyar pada tahun 2013 ketika mantan bintang basket NBA Dennis Rodman –yang konon merupakan teman baik Jong-un –mengungkapkan Ri telah melahirkan seorang bayi perempuan.
(Muspri-sisidunia.com)